Salah satu alasan kita harus menjaga usus adalah karena ia bertugas menghilangkan racun dan unsur-unsur yang secara langsung membahayakan tubuh. (Foto: Pexels.com)
Salah satu alasan kita harus menjaga usus adalah karena ia bertugas menghilangkan racun dan unsur-unsur yang secara langsung membahayakan tubuh. (Foto: Pexels.com)

Makanan untuk Membantu Bersihkan Usus Besar

Rona kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 19 April 2019 14:14
Usus terdiri dari sebuah tabung panjang yang terletak di ujung saluran pencernaan. Pekerjaan terpenting usus besar adalah membersihkan tubuh Anda dari racun. Salah satu alasan kita harus menjaga usus adalah karena ia bertugas menghilangkan racun dan unsur-unsur yang secara langsung membahayakan tubuh. 
 

 
Jakarta:
Diet sehat akan selalu menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada cara medis dan cara alami yang dapat dilakukan untuk tetap sehat. Salah satu dari banyak solusi adalah melakukan detoksifikasi serta melakukan diet sehatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asupan makanan yang tak sehat serta paparan polusi juga racun dari makanan atau minuman, tanpa disadari dapat merusak organ penting Anda. Salah satu organ yang perlu mendapatkan detoksifikasi adalah usus. Membersihkan usus dapat memberi manfaat besar bagi kesehatan Anda.
 
Apa itu usus besar? Usus terdiri dari sebuah tabung panjang yang terletak di ujung saluran pencernaan. Pekerjaan terpenting usus besar adalah membersihkan tubuh Anda dari racun. 
 
Salah satu alasan kita harus menjaga usus adalah karena ia bertugas menghilangkan racun dan unsur-unsur yang secara langsung membahayakan tubuh. 
 
Usus besar memainkan peran utama dalam saluran pencernaan dan dalam banyak kasus, limbah yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi tidak terurai sepenuhnya.
 
Makanan untuk Membantu Bersihkan Usus Besar
(Salah satu alasan kita harus menjaga usus adalah karena ia bertugas menghilangkan racun dan unsur-unsur yang secara langsung membahayakan tubuh. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Waspadai Efek Penyakit Radang Usus pada Kehidupan Seks)
 
Saat ini terjadi, racun akan menumpuk di dinding usus sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan besar. Adapun beberapa gejala dari gangguan kesehatan usus yaitu nyeri tubuh, kelelahan, alergi, sembelit, sakit kepala, diare.
 
Adapun beberapa makanan untuk membersihkan usus besar Anda dengan melakukan diet detoks secara alami serta membantu memecah limbah.
 
1. Sayuran: artichoke, selada, wortel, kacang-kacangan, bit, asparagus.
2. Buah-buahan: pisang, jeruk mandarin, buah ara.
3. Biji-bijian: beras merah, gandum utuh, oat, roti gandum, omega, alpukat, minyak zaitun.
4. Kalsium membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Contoh makanan kaya kalsium adalah salmon, kacang almond, dan bayam.
5. Vitamin D bekerja sama dengan kalsium, membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Telur dan wortel adalah contoh makanan yang kaya vitamin D.
6. Magnesium dapat mengatasi sindrom iritasi usus. Kakao dan berbagai biji seperti biji labu, rami dan bunga matahari, mengandung magnesium yang tinggi.
7. Minumlah air yang cukup untuk membantu menghilangkan limbah yang menumpuk di usus.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif