Gunakan waktu dalam masa karantina ini untuk refleksi untuk meredam suara negatif dari dalam diri Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Gunakan waktu dalam masa karantina ini untuk refleksi untuk meredam suara negatif dari dalam diri Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Redam Suara Batin yang Negatif Saat Karantina Diri

Rona psikologi kesehatan mental covid-19 pandemi
Kumara Anggita • 25 Mei 2020 14:00
Jakarta: Dalam masa karantina covid-19 ini cepat atau lambat suara batin akan keluar. Sayangnya di kebanyakan orang, suara yang keluar bukanlah suara yang positif.
 
Dilansir dari Psychology Today, banyak yang mengalmi kecemasan hingga depresi sejak karantina ini dimulai. Menurut Sean Grover L.C.S.W, hal itu terjadi karena suara-suara batin kritis yang diredam selama bertahun-tahun telah datang dengan percaya diri di momen ini.
 
Suara itu berbentuk bermacam-macam. Mulai dari mengritik penampilan, sikap, sampai kegagalan-kegagalan yang Anda belum relakan. Hal ini alhasil menurunkan rasa percaya diri.

Mengapa Anda merasa sangat buruk?

Sebagian besar dari kita tidak memilih untuk karantina. Pandemik itu melakukannya untuk kita. Mungkin aspek yang paling merusak dari karantina adalah kurangnya akses ke hubungan berkualitas yang bisa menyegarkan kita. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anda tidak dapat menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Jika Anda lajang, Anda tidak bisa berkencan. Jika Anda seorang siswa, Anda tidak dapat melihat teman sekelas Anda. Jika Anda seorang penggemar olahraga, Anda tidak dapat menikmati permainan. Jika Anda seorang kakek-nenek, Anda tidak bisa bermain-main dengan cucu-cucu Anda,” jelasnya.
 
Tidak bisa berkontakan langsung dan terputus dari aktivitas-aktivitas menyenangkan membuat Anda jadi merasa putus asa.

Gunakan waktu ini untuk refleksi

Anda harus menggunakan waktu ini dengan bijaksana. Gunakan untuk pengembangan diri. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan refleksi.
 
“Saat Anda bergerak, bergerak dari satu tempat ke tempat lain, fokus Anda berada di luar diri Anda. Sering kali, Anda tidak punya waktu untuk dihabiskan dengan pikiran dan perasaan Anda. Anda terlalu sibuk memeriksa daftar hal yang harus dilakukan,” jelasnya.
 
Dengan refleksi, Anda bisa menyelesaikan masalah-masalah yang tertunda terkait pilihan hidup atau sikap Anda. Hal ini mendorong Anda menuju perhatian yang lebih besar.
 
Menggunakan karantina untuk memulai kembali kehidupan batin Anda, Anda akan menjadi kuat ketika Anda bisa menang dari kritik-kritik mengerikan tersebut. 
 
Tentunya ini adalah upaya yang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran dan usaha. Untuk mendapatkan kekuatan itu, kuncinya adalah dengan menenangkan suara-suara negatif tersebut dan memberikan ruang untuk pikiran yang lebih positif. 
 
Cobalah lakukan itu dengan rutin sampai jadi kebiasaan. Anda akan lihat perubahannya. Jadi, tetaplah berpikir positif dan sibukkan diri Anda dengan kegiatan yang positif atau alihkan channel negatif untuk berlari (berolahraga).

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif