Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

5 Penyebab yang Bikin Wanita Berkeringat pada Malam Hari

Rona kesehatan
Raka Lestari • 07 Juli 2020 15:56
Jakarta: Pada umumnya, berkeringat di malam hari disebabkan oleh sesuatu yang normal seperti suhu kamar yang panas atau bahan baju tidur Anda. Namun terkadang, berkeringat pada malam hari bisa juga disebabkan karena ada kondisi yang mendasari, yang semestinya diperiksa segera.
 
Dilansir dari Women’s Health, berikut ini adalah beberapa penyebab umum berkeringat pada malam hari bagi wanita:

1. Suhu kamar yang terlalu panas

Jika suhu kamar Anda lebih dari 21 derajat celcius, mungkin itu bisa menjadi penyebab Anda berkeringat di malam hari,” ujar W. Christopher Winter, MD, spesialis ahli tidur.
 
Selain itu, bahan baju tidur yang tidak memiliki sirkulasi yang baik juga bisa menjadi penyebab Anda berkeringat saat malam hari.

2. Anda mengalai hyperhidrosis

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), hyperhidrosis atau gangguan keringat berlebih bisa terjadi, ketika seseorang mengeluarkan keringat lebih banyak dari yang dibutuhkan. Hyperhidrosis biasanya terlihat pada bagian tubuh tertentu, seperti telapak tangan, kaki, ketiak, dan kepala. Jika Anda curiga mengalaminya, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi untuk mengatasinya.

3. Mengalami mimpi buruk

“Jika Anda mengalami keringat berlebihan dan Anda dalam kondisi benar-benar sehat, kemungkinan terjadi karena Anda mengalami mimpi atau mimpi yang menakutkan. Keringat adalah hasil dari mimpi Anda,” kata Harry Banschick, MD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Neomi Shah, MD, associate professor of pulmonary and sleep medicine di Icahn School of Medicine juga setuju soal itu, Ia menyebutkan bahwa apapun yang menyebabkan gelombang simpatik (fight-or-flight response) dapat membuat seseorang berkeringat.

4. Anda mengalami perubahan hormon

Menurut Dr Shah, salah satu penyebab umum terjadinya keringat di malam hari pada wanita adalah fluktuasi hormon estrogen.
 
“Menopause juga dikaitkan dengan rasa gerah yang berlebihan, sehingga banyak wanita yang dilaporkan mengalami keringat berlebihan bahkan ketika di malam hari pada saat tidur,” ujar Dr. Shah.

5. Anda mengonsumsi antidepresan

Menurut Dr Shah, mengonsumsi antidepresan juga dapat menyebabkan keringat berlebihan pada malam hari. Menurutnya, beberapa jenis obat dapat menyebabkan reaksi adrenergik yang akan terjadi ketika adrenalin meningkat dan akan menyebabkan keringat berlebih.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif