Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Telat Makan

Rona kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 12 Agustus 2020 17:42
Jakarta: Di tengah padatnya kegiatan, banyak orang yang telat makan atau bahkan lupa waktu makan. Mulai dari tidak sempat sarapan, telat makan siang, atau tidak sempat makan malam karena tubuh Anda sudah terlalu lelah.
 
Sayangnya, kebiasaan telat atau lupa makan ini bisa berdampak buruk pada tubuh Anda. Dr Brooke Scheller, DCN, seorang spesialis nutrisi sekaligus Direktur Nutrisi di Freshly, memperingatkan, ketika kita lupa makan, maka akan menyebabkan kita makan berlebihan di malam hari, dan menghabiskan makanan yang salah.
 
“Menunggu terlalu lama untuk makan, dapat menyebabkan kandungan glukosa darah menjadi rendah. Pada akhirnya, dapat mengurangi pengendalian diri kita, sehingga membuat kita sulit untuk menolak makanan-makanan yang tidak sehat,” ujar Dr Scheller.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Scheller merekomendasikan agar Anda mengonsumsi semacam protein dan atau lemak sehat setiap kali makan. Itu berarti jika Anda memilih camilan buah-buahan, sebaiknya ditambahkan juga dengan selai kacang atau sepotong keju.
 
“Jika Anda memilih salad untuk makan siang, tambahkan ayam atau salmon atau mungkin kacang hitam dengan salad dressing buatan sendiri. Dengan menambahkan protein pada setiap makanan, dapat membantu mengurangi respons gula darah pada tubuh. Sehingga kita akan lebih kenyang dan fokus lebih lama,” kat Dr Scheller.
 
Sebagai pedoman umum, Dr Scheller menyarankan makan setiap tiga hingga empat jam untuk menjaga kadar gula darah Anda. Makan siang yang teratur juga membantu menurunkan tingkat stres tubuh Anda. Menurut Dr Scheller, mengonsumsi makanan pada tengah hari sampai jam 1 siang merupakan waktu yang tepat.
 
“Kudapan pasca makan siang (yang sehat) juga bagus, karena dapat membantu mencegah penurunan energi dan produktivitas untuk menghasilkan tenaga sepanjang sore,” kata Dr Scheller.
 
Entah Anda merasa lapar atau tidak, sebaiknya menjadwalkan untuk istirahat makan siang. Menurut Dr Scheller, tanpa menjadwalkan istirahat maka kita cenderung akan mengemil lebih banyak meskipun dalam kondisi tidak lapar.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif