banner

Jalan Kaki 30 Menit Sehari, Meningkatkan Harapan Hidup

Pelangi Karismakristi 17 Januari 2018 16:20 WIB
kesehatan
Jalan Kaki 30 Menit Sehari, Meningkatkan Harapan Hidup
Studi menunjukkan bahwa berjalan setiap hari dibarengi diet sehat dapar meningkatkan angka harapan hidup paling sedikit 5-7 tahun. (Foto: Pixabay.com)
Jakarta: Berjalan merupakan salah satu bentuk olahraga yang simpel dan bisa Anda lakukan kapan pun. Tak perlu pergi ke pusat kebugaran, sebab dengan berjalan kaki 30 menit sehari sudah memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. 

Dengan berjalan kaki selama 30 menit otot akan bekerja dan juga membakar kalori. Selain itu, Anda bisa mendapatkan manfaat lain seperti di bawah ini:

1. Menjaga jantung sehat
Berjalan kaki tiap hari bisa meningkatkan detak jantung. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan tekanan darah, menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.



(Studi menunjukkan bahwa berjalan setiap hari dibarengi diet sehat dapar meningkatkan angka harapan hidup paling sedikit 5-7 tahun. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Manfaat Jalan Kaki 2 Menit di Waktu Istirahat)

2. Meningkatkan metabolisme
Olahraga berjalan dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu perut mengeluarkan lebih banyak cairan pencernaan. Hal ini ternyata sangat membantu mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Mencegah osteoporosis
Dengan olahraga ini, akan menjadikan tulang semakin kuat. Selain itu, berjalan di bawah sinar matahari mendorong tubuh memproduksi vitamin D3, yang digunakan untuk menyerap kalsium dalam tubuh. Bahkan dengan berjalan kaki rutin dapat mencegah cairan di persendian mengering, sehingga dapat mencegah arthritis.


(Dengan berjalan kaki selama 30 menit otot akan bekerja dan juga membakar kalori. Foto: Pixabay.com)

4. Merangsang kinerja otak
Tak hanya itu saja, berjalan kaki meningkatkan aktivitas sel otak. Hal ini juga dapat mencegah hilangnya jaringan otak yang secara langsung berhubungan dengan hilangnya ingatan serta kepikunan pada usia tua. Berjalan kaki setiap hari diketahui dapat meningkatkan daya ingat, dan mencegah penyakit seperti alzheimer.

5. Meningkatkan harapan hidup
Studi menunjukkan bahwa berjalan setiap hari dibarengi diet sehat dapar meningkatkan angka harapan hidup paling sedikit 5-7 tahun. Berjalan kaki membantu mengatasi masalah kesehatan yang secara otomatis memperpanjang usia. Diet seimbang yang berbarengan dengan olahraga jalan kaki selama 30 menit dapat membuat Anda bugar untuk menikmati setiap saat dalam hidup Anda. 










(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360