Polusi udara memiliki efek yang sama seperti merokok (Foto: M. Risyal Hidayat/Antara)
Polusi udara memiliki efek yang sama seperti merokok (Foto: M. Risyal Hidayat/Antara)

Penelitian: Polusi Udara Sama Buruknya seperti Merokok

Rona polusi udara
Raka Lestari • 20 Agustus 2019 07:00
Jakarta: Salah satu efek negatif tinggal di kota besar adalah polusi udara yang sulit dihindari. Menurut penelitian terbaru, efek dari polusi udara yang buruk pada paru-paru Anda sama buruknya seperti efek merokok.
 
Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association, para peneliti mempelajari efek jangka panjang dari paparan polusi udara pada lebih dari 7.000 orang di enam kota besar AS, yaitu Baltimore, Chicago, Los Angeles, New York, St. Paul, Minnesota, and Winston-Salem, N.C. Para peneliti menemukan bahwa paparan jangka panjang terhadap polutan udara sekitar dikaitkan dengan dengan peningkatan risiko emfisema yang serupa dengan perokok aktif.
 
"Temuan ini dapat memberikan satu penjelasan mengapa emphysema ditemukan pada beberapa orang yang tidak pernah merokok," ujar Dr James Kiley, Ph.D., direktur divisi penyakit paru di National Heart, Lung, and Blood Institute.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkan paparan terhadap polusi udara, American Lung Association membuat daftar beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya seperti berikut ini: Periksa tingkat polusi udara di daerah Anda setiap hari, dan hindari berolahraga di luar saat tingkat polusi udara sedang tinggi. Jangan merokok, terutama di dalam ruangan. Anda juga dapat berinvestasi dalam pembersih udara berkualitas tinggi untuk bagian dalam rumah Anda.
 
Selain itu, Anda juga bisa melakukan program car free day untuk membantu mengurangi jejak karbon di lingkungan sekitar Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa berjalan kaki, bersepeda, atau memilih transportasi umum daripada mengendarai mobil Anda. Atau jika memungkinkan, Anda bisa meminta bos Anda untuk mengerjakan pekerjaan dari rumah setidaknya satu hari dalam seminggu.
 
Meskipun tidak tampak perbedaan besar jika dilakukan oleh satu orang, jika semua orang berpikir untuk memutuskan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi selama satu hari, hal tersebut dapat mencegah lebih dari 3,5 juta metrik ton karbon dioksida dari dilepaskan ke udara.
 
"Jika semua orang mulai melakukan hal-hal kecil untuk mengurangi polusi udara, itu dapat berdampak besar pada kehidupan," menurut situs web lingkungan Green Is My Thing.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif