(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

Rona psikologi
Raka Lestari • 12 Oktober 2019 18:05
Jakarta: Para ahli mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam baik untuk kesehatan mental Anda. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Wildlife Trusts juga menemukan bahwa alam dapat menjadi ‘resep’ untuk meningkatkan mood bagi mereka yang memiliki kesehatan mental yang kurang sehat.
 
Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda di alam? Dikutip dari Metro.co.ukberikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan di alam:
 
Berjalan kaki sekitar 20 menit

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para ahli menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam selama 20-30 menit dapat mengurangi tingkat kortisol, yang merupakan hormon stres sebesar 10 persen. Menghabiskan lebih banyak waktu di alam dapat memberikan manfaat pada kesehatan mental secara lebih, namun 20 menit pertama merupakan waktu yang paling optimal.
 
Makan siang di luar ruangan
 
Jika Anda bukanlah tipe orang yang aktif, atau sedang tidak ingin bepergian ke alam juga tetap bisa melakukan hal mudah untuk menurunkan level kortisol Anda. Menurut Dr Mary Carol Hunter, pemimpin studi yang dilakukan oleh Wildife Trusts tadi, hanya duduk di tempat yang memberi Anda sensasi alam juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.
 
Berolahraga di taman kota
 
Berolahraga di alam selain dapat menurunkan hormon stres, tetapi juga dapat memberikan efek kesehatan. Dr Dimitrios Paschos, seorang konsultan psikiater di Re: Cognition Health, mengatakan ada banyak hal untuk meningkatkan ketahanan Anda terhadap depresi, mulai dari melakukan yoga hingga berolahraga. National Health Service UK juga mendukung olahraga sebagai cara untuk menjaga kesehatan mental Anda. Bergerak aktif secara fisik dapat mengangkat suasana hati Anda, mengurangi stres dan kecemasan, mendorong pelepasan endorphin yang membantu Anda merasa lebih baik.
 
Berkebun
 
Berdasarkan studi pada tahun 2015 yang terdapat pada Journal of Physiological Anthropology yang membandingkan dua aktivitas yaitu bekerja di kantor dan berkebun, menemukan bahwa partisipan merasa lebih tenang ketika bekerja di alam. Tidak harus memiliki tanah yang luas untuk berkebun, menanam pohon di pot atau balkon rumah juga sudah bisa mendapatkan manfaatnya.
 
Tanaman di rumah atau meja kerja
 
Menurut Royal Horticultural Society (RHS), berinteraksi dengan alam dapat membantu Anda untuk bersantai dan membantu menenangkan pikiran. Dengan berkebun, Anda hanya fokus pada tugas yang ada di tangan, baik itu penyiangan, pemangkasan atau penanaman, dapat memiliki efek positif yang luar biasa pada suasana hati Anda.
 
Tumbuhan seperti Aloe Vera, Bamboo dan Devil's Ivy sangat baik di di lingkungan yang kurang cahaya dan / atau rendah air, yang membuatnya ideal untuk ditanam di kantor atau rumah.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif