Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental

Rona kesehatan mental
Raka Lestari • 03 September 2019 17:07
Makanan ternyata memiliki pengaruh terhadap mental. Para ahli telah menemukan hubungan antara kesehatan usus Anda, termasuk jutaan bakteri yang menyusun microbiome-nya dengan kesehatan otak Anda.
 

Jakarta: Makanan memiliki efek positif pada kesehatan mental Anda. Para ahli telah menemukan hubungan antara kesehatan usus Anda, termasuk jutaan bakteri yang menyusun microbiome-nya dengan kesehatan otak Anda.
 
Makanan memiliki implikasi besar bagi kesehatan mental dan itu berarti apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi cara berpikir dan perasaan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda:
 
Protein
 
Mengonsumsi protein sangat penting untuk kesehatan mental dan dapat memengaruhi keseimbangan mental. "Otak sangat sensitif terhadap fluktuasi gula darah sehingga penting bagi kita untuk tidak makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat," kata ahli gizi Sara Kahn kepada Bustle.
 
Jenis makanan ini dapat menyebabkan gula darah meningkat kemudian turun, yang juga dapat memperburuk kecemasan. Selalu sertakan sumber protein dalam setiap makanan untuk membantu menjaga keseimbangan gula darah."
 
Prebiotik
 
Prebiotik tidak sama dengan probiotik. "Prebiotik adalah serat yang secara selektif memberi makan mikroba usus bermanfaat," kata Dr Ruari Robertson, ahli gizi dan mikrobiologi di Queen Mary University of London.
 
Menurut Dr Robertson prebiotik telah terbukti mengurangi hormon stres, kortisol, pada manusia. "Sumber serat prebiotik yang baik adalah artichoke, bawang putih, bawang merah, daun bawang, pisang, sawi putih, buncis, lentil, dan gandum," terangnya.
 
Ikan
 
Asam lemak omega-3 sudah terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otak Anda. "Lemak omega-3 tidak hanya memiliki efek anti-inflamasi di usus, mereka juga membentuk sebagian besar otak dan selanjutnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di usus," kata Dr Roberston.
 
Lemak omega-3 ditemukan dalam ikan berminyak seperti mackerel, salmon, atau tuna, serta sumber-sumber seperti kacang kenari, kacang merah, atau edamame.
 
Magnesium
 
"Magnesium adalah mineral penting untuk kesehatan mental, karena kekurangan magnesium dikaitkan dengan kecemasan dan depresi. Stres kronis dapat menghabiskan cadangan magnesium Anda," ucapnya.
 
Alpukat, kacang-kacangan dan lentil, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, gandum utuh, dan cokelat hitam adalah sumber magnesium yang baik.
 
Makanan fermentasi
 
Yogurt, sauerkraut, kombucha, dan kefir adalah jenis makanan fermentasi yang cukup digemari dan mereka juga baik bagi otak Anda, kata Dr Roberston.
 
"Makanan yang sudah difermentasi dianggap dapat berdampak baik dengan memengaruhi suasana hati dan kesehatan otak. Ini karena makanan yang difermentasi mengandung mikroba hidup yang baik untuk usus," paparnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif