Menurut ilmu pengetahuan cegukan adalah hal yang bagus. (Ilustrasi/Pexels).
Menurut ilmu pengetahuan cegukan adalah hal yang bagus. (Ilustrasi/Pexels).

Mengapa Anda Cegukan?

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 29 November 2019 09:05
Jakarta: Cegukan adalah hal yang menyebalkan apalagi bila terjadi pada momen-momen hening dan penting buat Anda. Kendati demikian, menurut ilmu pengetahuan cegukan adalah hal yang bagus, khususnya untuk anak bayi.
 
Berikut penjelasannya yang dilansir dari bustle.
 
Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Neurophysiology, menemukan bahwa bayi yang baru lahir cegukan membantu mereka mengembangkan koneksi pikiran-tubuh. Cegukan membantu mereka belajar bagaimana mengendalikan pernapasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut penelitian, yang mengamati 13 bayi baru lahir, bayi cegukan selama 15 menit setiap hari. Walaupun hal ini akan sangat menyebalkan bagi orang dewasa, bayi harus melalui proses ini untuk belajar bagaimana melakukan dan hal-hal penting seperti menahan napas, menarik napas dalam-dalam, dan segala macam trik pernapasan lainnya.
 
Bagaimana ini bisa terjadi? 
 
Studi menemukan bahwa setiap cegukan memulai tiga gelombang otak besar yang membantu bayi mengembangkan koneksi neurologis antara otak dan tubuh. Dengan kata lain, kontraksi otot besar di diafragma yang menjadi ciri cegukan menghasilkan gelombang otak yang membantu otak bayi mempelajari cara kerja tubuh mereka.
 
Lebih lanjut, perasaan kejang yang intens tepat di bawah dada Anda ketika Anda cegukan juga berperan membantu bayi belajar bagaimana mengatur napas mereka. 
 
Bayi jadi mempelajari apa yang dilakukan berbagai bagian tubuh mereka dan bagaimana mengendalikannya.
 
Jadi cegukan sangat bagus untuk bayi yang sedang membutuhkan belajar banyak mengendalikan nafas. Tetapi, penelitian tersebut mengatakan, masih belum diketahui apakah manfaat dari cegukan terus berlanjut hingga dewasa atau tidak. 
 
Sekarang, setidaknya Anda tidak perlu terlalu jengkel ketika cegukan datang. Anda harus ingat dia pernah berjasa pada Anda dulu.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif