Tubuh setiap orang menghasilkan melanin ekstra ketika terpapar radiasi UV. (Ilustrasi/Anda Nurlaila).
Tubuh setiap orang menghasilkan melanin ekstra ketika terpapar radiasi UV. (Ilustrasi/Anda Nurlaila).

Tubuh Menghasilkan Melanin Ekstra ketika Terpapar Radiasi UV

Rona bayi
Anda Nurlaila • 28 November 2019 09:05
Jakarta: Bintik-bintik di wajah atau sering disebut 'ciuman matahari' terlihat menggemaskan pada wajah anak. Tetapi bayi tidak memiliki bintik-bintik di wajah, lengan, dan pundak mereka.
 
Penyebab bintik-bintik
 
Warna kulit dipengaruhi oleh pigmen yang disebut melanin, kata dokter anak dan asisten profesor pediatri di University of Michigan  Debra M. Langlois.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang yang berkulit gelap secara alami memiliki lebih banyak melanin daripada mereka yang berkulit terang. Tetapi tubuh setiap orang menghasilkan melanin ekstra ketika terpapar radiasi UV. "Membuat melanin tambahan adalah cara tubuh Anda melindungi Anda dari matahari," jelas Dr. Langlois seperti dimuat dalam Parents.
 
"Orang yang berkulit gelap cenderung berkulit kecokelatan karena melanin ekstra. Sementara orang yang berkulit lebih cerah memunculkan bintik-bintik atau terbakar matahari," tuturnya.
 
Ini menjelaskan mengapa bintik-bintik berkembang di daerah dengan paparan sinar matahari paling banyak seperti pipi, hidung, dan bahu bagian atas. Bintik-bintik pada dasarnya adalah mekanisme pertahanan melawan sinar matahari yang terik.
 
Mengapa Bayi Tidak Memiliki Bintik-bintik?
 
Kendati siapa pun dapat berkulit bintik-bintik, mereka yang berkulit putih cenderung memilikinya. Tetapi bintik-bintik akibat berada di bawah sinar matahari.
 
"Tidak ada yang akan mengembangkan bintik-bintik jika bukan karena paparan sinar matahari," kata dokter dan asisten profesor pediatri dan dermatologi di Feinberg University Northwestern Lacey L. Krue.
 
Bayi tidak memiliki bintik-bintik, karena mereka tidak cukup lama terpapar matahari yang dapat mengembangkan bintik-bintik. Bintik mulai bermunculan saat usia anak dua hingga empat tahun, namun bervariasi untuk semua orang.
 
Bintik-bintik juga sangat tergantung pada jumlah paparan UV yang didapat anak. "Kadang-kadang bintik-bintik bahkan akan hilang jika orang tua memberi perlindungan terhadap matahari," tambah Dr. Kruse. Bintik-bintik biasanya berwarna coklat, tetapi mereka juga bisa berwarna merah, hitam, kuning, atau cokelat. Bercak sering memudar di musim dingin.
 
Haruskah Khawatir tentang Bintik-bintik?
 
Bintik-bintik tidak berbahaya di bagian tubuh mana pun. Namun, apabila bintik-bintik menunjukkan peningkatan sensitivitas terhadap sinar UV, berikan perlindungan sinar matahari.
 
“Orang yang berkulit lebih putih memiliki risiko melanoma dan kerusakan kulit yang lebih tinggi, tetapi hal ini juga dapat terjadi pada siapapun," kata Dr. Langlois.
 
Dia merekomendasikan agar membatasi paparan sinar matahari selama waktu puncak. Yakni antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Perlindungan lainnya adalah secara teratur mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Di samping itu mengenakan pakaian yang sesuai dapat memberi perlindungan lebih pada paparan UV.
 
Orang tua juga harus memahami perbedaan antara bintik-bintik dan tahi lalat. "Bintik-bintik lebih ringan dan sering memudar di musim dingin, sementara tahi lalat mempertahankan penampilan yang sama dari waktu ke waktu," kata Dr. Kruse.
 
Kanker kulit jarang terjadi pada anak-anak, tetapi tahi lalat harus diawasi jika terjadi perubahan menuju kanker. Tanda-tanda kanker antara lain bentuk asimetri, batas tahi lalat yang tidak merata, banyak warna, diameter lebih besar dari 1⁄4 inci, dan bentuk, ukuran, atau warna yang berkembang.
 
Hal lain yang perlu diperhatikan orang tua bahwa bintik-bintik juga berbeda dari lentigine matahari. Lengitine matahari merupakan bercak gelap permanen namun jinak yang terbentuk pada orang dewasa yang terpapar sinar matahari, kata Dr. Langlois.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif