Muhammad Ali berbicara saat sesi jumpa wartawan. (AFP PHOTO)
Muhammad Ali berbicara saat sesi jumpa wartawan. (AFP PHOTO)

Selebritas Dunia Penderita Disleksia

Rona selebritas tips kesehatan psikologi
Anda Nurlaila • 13 Juli 2019 12:08
Menjadi penderita disleksia, bukan berarti anda tidak dapat berprestasi. Buktinya, sejumlah selebritas dunia mampu berkarya, meski menjadi penderita disleksia
 

Jakarta: Disleksia merupakan gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca. Walau cukup umum terjadi, gangguan ini tidak dipahami hingga akhir abad ke-20. Hingga saat ini pun dokter sulit mendiagnosis disleksia
 
Sejumlah selebritas dunia juga diketahui mengalami kondisi ini. WebMD menulis beberapa pesohor dengan disleksia,  di antaranya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jennifer Aniston
 
Aktris Friends ini tidak mengetahui dirinya mengalami disleksia hingga berusia 20-an. Dia mengaku  menari tahu mengapa dirinya kesulitan membaca saat di sekolah. Diagnosis menjawab banyak pertanyaannya sejak kecil.
 
Steven Spielberg
 
Maestro film ini berdampingan dengan disleksia sejak kecil namun baru menyadarinya hingga di usia 60 tahun. Sejak sekolah Spielberg menjadi korban perundungan dan putus kuliah pada 1968. Sejak itu ia berjuang lewat layar lebar. The Goonies, sebuah film bergenre klasik yang ia tulis dan produksi bersama, mencerminkan tahun-tahun remaja Spielberg sebagai kutu buku dan orang buangan.
 
Whoopi Goldberg
 
Pembawa acara The View di usia dini sering diperolok temannya dengan sebutuhan "bodoh". Goldberg yang sangat berbakat bahkan tidak mengetahui dia menderita disleksia sampai ia putus sekolah. Sejak saat itu ia mendapatkan banyak penghargaan, termasuk salah satu kombinasi yang paling langka: penghargaan Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony Award.
 
Muhammad Ali
 
Juara tinju kelas berat legendaris Ali mungkin bisa melayang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah.  Tetapi ia nyaris tidak bisa membaca. Disleksia adalah penyebab salah satu perkelahian pertama Ali. Dan Ali terbukti dengan kutipannya, "Seorang pria tanpa imajinasi tidak memiliki sayap."
 
Keira Knightley
 
Disleksia adalah pendorong nominasi Academy Award kelahiran Inggris ini berkarir di dunia panggung. Saat sekolah, beberapa temannya sering mengejeknya dengan dengan panggilan bodoh. Knightley mengenang, disleksia telah menjadikannya aktris seperti sekarang ini.
 
Jay Leno
 
Komedian dan mantan pembawa acara The Tonight Show ini mengatakan tidak ada yang mengetahui nama disleksia saat ia berada di sekolah menengah. Semua temannya berkata supaya ia bisa lebih pintar. Segalanya berubah saat seorang guru memintanya menulis cerita lucu di atas kertas. "Itu pertama kalinya dalam hidup saya, saya benar-benar fokus pada sesuatu," kata Leno kepada 60 Minutes.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif