Berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif dapat mengurangi kecemasan Anda. (Foto: Pexels.com)
Berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif dapat mengurangi kecemasan Anda. (Foto: Pexels.com)

Normalkah Berbicara pada Diri Sendiri?

Rona psikologi
Kumara Anggita • 26 Agustus 2019 16:29
Dr. Laura F. Dabney, seorang psikoterapis mengatakan sangat normal berbicara kepada diri sendiri dan dengan demikian sangat umum. Berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif dapat membantu siapa pun untuk melalui masa sulit.
 

 
Jakarta: Anak-anak yang suka bicara sendiri dianggap normal, namun Anda merasa janggal ketika sudah dewasa kebiasaan ini tidak kunjung hilang. Apakah bicara sendiri harus dihentikan atau bahkan memberikan efek positif untuk diri sendiri?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika Anda tertangkap bicara sendiri, beberapa orang di sekitar Anda akan bilang bahwa ada sesuatu yang salah pada mental Anda. Namun ternyata ini adalah hal yang sangat normal dialami oleh banyak orang.
 
Dilansir dari Huffpost Dr. Laura F. Dabney, seorang psikoterapis mengatakan, "Sangat normal berbicara kepada diri sendiri dan dengan demikian sangat umum.”
 
Vironika Tugaleva, penulis buku "The Art of Talking to Yourself" juga mengamini hal yang sama, "Yang benar adalah bahwa kita semua berbicara kepada diri kita sendiri," katanya.
 
Tugaleva mengungkapkan bahwa mungkin akan terlihat aneh ketika ini dilakukan di depan umum dan keras namun sesungguhnya semua orang memiliki percakapan multi-level yang rumit di kepala.
 
Ini adalah cara untuk memberi makna dan menjelaskan kepada diri sendiri hal-hal yang terjadi selama hari-hari yang dialami.
 
Normalkah Berbicara pada Diri Sendiri?
(Berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif dapat membantu siapa pun untuk melalui masa sulit atau menegangkan, misalnya ketika Anda akan presentasi di depan atasan Anda. Foto: Pexels.com)

Manfaat bicara sendiri

Anda tidak perlu menghentikan kebiasaan bicara sendiri Anda karena kegiatan tersebut memberi manfaat. Life Couch, Sheri McGregor mengatakan bahwa bicara dengan diri sendiri bisa menolong Anda melewati masa yang tidak nyaman dan bahkan menyehatkan.
 
McGregor telah bekerja sama dengan orang tua yang diasingkan anaknya, dari sana dia menemukan bahwa berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif dapat membantu siapa pun untuk melalui masa sulit. Ini adalah cara untuk menenangkan diri sendiri dan fokus pada hal-hal positif daripada kekhawatiran dan stres.
 
"Saya memberi tahu klien dan pembaca saya bahwa berbicara kepada diri mereka sendiri dengan rasa peduli dapat menjadi cara untuk menjadi ibu bagi diri mereka sendiri," katanya.
 
Menurut Itamar Shatz, Kandidat Phd Linguistik dari Universrsita Cambridge, orang biasanya banyak berbicara pada diri sendiri misalnya saat mencoba membuat keputusan yang sulit dalam situasi emosional, atau bekerja untuk mengatasi emosi yang kuat.
 
Selain itu, McGregor juga bilang bahwa berbicara dengan diri sendiri berfungsi sebagai pengingat. Ini akan membantu orang menyelesaikan masalah.
 
Misalnya, Anda akan maju presentasi, Anda akan buat percakapan dengan diri Anda agar tidak takut dan nervous, setelahnya Anda akan menemukan solusi konstruktif. Mengindari bicara sendiri akan membuat Anda cemas.
 
Anda bisa menerapkan cara ini agar lebih produktif dengan menggunakan pihak kedua atau ketiga menurut Shatz yang telah melakukan penelitian.
 
"Contohnya, kalau Anda nervous sebelum memberikan presentasi, daripada bilang 'kenapa aku sangat nervous' lebih baik 'kenapa kamu sangat nervous' atau 'kenapa Jane sangat nervous," jelasnya.
 
"Penelitian menunjukkan bahwa melakukan ini memungkinkan Anda untuk melihat situasi dengan cara yang lebih emosional-netral, yang meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatasi emosi Anda dan membuat keputusan yang rasional," lanjutnya.

Jadikan kebiasaan

Jangan takut untuk menjadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan karena ini dekat dengan meditasi. McGregor menjelaskan bahwa selama masa-masa sulit, pikiran kita dapat membawa kita ke tempat-tempat gelap. Saat ini terjadi, mulailah bicara positif pada diri Anda. Ini adalah praktik yang baik untuk ditumbuhkan.
 
"Karena tidak ada kerugian berbicara sendiri, menjadikannya kebiasaan adalah ide yang baik," kata psikoterapis Dabney.
 
Dia menyarankan memilih waktu atau tempat untuk berbicara sendiri. Coba gunakan cara ini setelah kejadian yang menegangkan terjadi di hari Anda.
 
"Anda bisa membuat catatan mental tentang efektivitasnya atau membuat jurnal selama seminggu untuk mencatat efektivitasnya bagi Anda," katanya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif