8 Kebiasaan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Mental
(Foto: Small Caps)
Jakarta: Kesejahteraan adalah tentang menjalani kehidupan yang sehat dan membuat keputusan cerdas dalam keseharian. Beberapa kebiasaan kecil dapat membuat hidup menjadi lebih bermakna.

Berikut adalah beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat kesejahteraan semakin meningkat, seperti dilansir Thehealthsite.

1. Olahraga fisik 45 menit


Cobalah berkomitmen melakukan aktivitas fisik selama 45 menit. Tak perlu kegiatan yang sama, olahraga sederhana dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, keropos tulang, depresi dan kecemasan, dan meningkatkan kesadaran mental dan kepercayaan diri.

2. Menuliskan hal-hal yang membuat bersyukur

Meskipun masalah terus berdatangan, terdapat hal-hal yang perlu disyukuri setiap hari. Merefleksikan hal-hal positif dalam hidup membantu melihat masalah lebih ringan, memotivasi diri untuk tetap menyebarkan kebaikan di sekeliling Anda.

3. Minum minimal tiga liter air

Air adalah bensin bagi tubuh untuk menjaga fungsi tubuh tetap maksimal. Konsumsi cukup air membantu detoksifikasi, pencernaan, kulit, dan rambut yang lebih baik. Selain itu, minum cukup air juga membantu menyeimbangkan tubuh dan siap menjalani aktivitas keseharian yang padat.

4. Hilangkan kebiasaan buruk

Semua orang memiliki kebiasaan buruk masing-masing. Untuk mendapatkan kesejahteraan, cobalah hilangkan kebiasaan tersebut. Beberapa diantaranya adalah konsumsi makanan cepat saji, penggunaan gawai berlebih, atau begadang.

5. Refleksi 15 menit

Di tengah kesibukan, sempatkanlah berefleksi selama 15 menit setiap harinya. Meditasi singkat tersebut membantu pikiran lebih rileks dan baik untuk kesejahteraan mental.

6. Tidur cukup

Tidur 7-8 jam perhari membantu fungsi tubuh maksimal dan lebih santai. Selain itu, suasana hati juga cenderung lebih bahagia dan pikiran lebih jernih.

8. Konsumsi herbal

Konsumsi herbal adalah cara terbaik untuk mendapatkan kesejahteraan jangka panjang. Beberapa jenis herbal bahkan baik untuk penyakit tertentu yang secara signifikan membantu mencegah kemunculannya.





(DEV)