(Foto: Small Caps)
(Foto: Small Caps)

8 Kebiasaan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Mental

Rona kesehatan mental
Sri Yanti Nainggolan • 27 Juni 2018 09:03
Jakarta: Kesejahteraan adalah tentang menjalani kehidupan yang sehat dan membuat keputusan cerdas dalam keseharian. Beberapa kebiasaan kecil dapat membuat hidup menjadi lebih bermakna.
 
Berikut adalah beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat kesejahteraan semakin meningkat, seperti dilansir Thehealthsite.
 
1. Olahraga fisik 45 menit

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cobalah berkomitmen melakukan aktivitas fisik selama 45 menit. Tak perlu kegiatan yang sama, olahraga sederhana dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, keropos tulang, depresi dan kecemasan, dan meningkatkan kesadaran mental dan kepercayaan diri.
 
2. Menuliskan hal-hal yang membuat bersyukur
 
Meskipun masalah terus berdatangan, terdapat hal-hal yang perlu disyukuri setiap hari. Merefleksikan hal-hal positif dalam hidup membantu melihat masalah lebih ringan, memotivasi diri untuk tetap menyebarkan kebaikan di sekeliling Anda.
 
3. Minum minimal tiga liter air
 
Air adalah bensin bagi tubuh untuk menjaga fungsi tubuh tetap maksimal. Konsumsi cukup air membantu detoksifikasi, pencernaan, kulit, dan rambut yang lebih baik. Selain itu, minum cukup air juga membantu menyeimbangkan tubuh dan siap menjalani aktivitas keseharian yang padat.
 
4. Hilangkan kebiasaan buruk
 
Semua orang memiliki kebiasaan buruk masing-masing. Untuk mendapatkan kesejahteraan, cobalah hilangkan kebiasaan tersebut. Beberapa diantaranya adalah konsumsi makanan cepat saji, penggunaan gawai berlebih, atau begadang.
 
5. Refleksi 15 menit
 
Di tengah kesibukan, sempatkanlah berefleksi selama 15 menit setiap harinya. Meditasi singkat tersebut membantu pikiran lebih rileks dan baik untuk kesejahteraan mental.
 
6. Tidur cukup
 
Tidur 7-8 jam perhari membantu fungsi tubuh maksimal dan lebih santai. Selain itu, suasana hati juga cenderung lebih bahagia dan pikiran lebih jernih.
 
8. Konsumsi herbal
 
Konsumsi herbal adalah cara terbaik untuk mendapatkan kesejahteraan jangka panjang. Beberapa jenis herbal bahkan baik untuk penyakit tertentu yang secara signifikan membantu mencegah kemunculannya.
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi