Olahraga Kelompok Tingkatkan Angka Harapan Hidup Hingga 10 Tahun

Sri Yanti Nainggolan 10 September 2018 17:21 WIB
kesehatan
Olahraga Kelompok Tingkatkan Angka Harapan Hidup Hingga 10 Tahun
Olahraga bersama tak hanya menyenangkan, tetapi juga memperpanjang usia. (Foto: Josh Calabrese/Unsplash.com)
Jakarta: Olahraga bersama tak hanya menyenangkan, tetapi juga memperpanjang usia. Sebuah penelitian menemukan bahwa interaksi dengan teman satu tim dalam olahraga dapat meningkatkan angka harapan hidup, dibandingkan olahraga tunggal. 

Studi yang dipublikasi dalam Mayo Clinic Proceedings tersebut menunjukkan bahwa olahraga seperti tenis, bulu tangkis, dan sepak bola lebih baik dalam memperpanjang usia dibandingkan olahraga tunggal seperti bersepeda, berenang, jogging, atau olahraga di gym. 

"Untuk kesejahteraan fisik dan mental, kita paham bahwa koneksi sosial adalah fitur paling penting untuk kehidupan yang panjang, sehat, dan bahagia. Jika ingin panjang umur, cobalah melibatkan teman," tukas peneliti Dr James O’Keefe, seorang ahli jantung di Institut Jantung Mid America, Saint Luke. 


(Baca juga: Manfaat Olahraga Dua Kali Sehari)


(Studi yang dipublikasi dalam Mayo Clinic Proceedings tersebut menunjukkan bahwa olahraga seperti tenis, bulu tangkis, dan sepak bola lebih baik dalam memperpanjang usia dibandingkan olahraga tunggal seperti bersepeda, berenang, jogging, atau olahraga di gym. Foto: John Fornander/Unsplash.com)

Studi tersebut mengambil data dari sekitar 8.500 orang dewasa dari Studi Jantung Kota Kopenhagen. Subjek diberi kuesioner kesehatan dan gaya hidup yang komprehensif, berisi pertanyaan tentang jenis dan frekuensi aktivitas fisik dan dipantau selama sekitar 25 tahun.

Hasilnya, terdapat korelasi yang jelas antara olahraga sosial dan umur panjang. Dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak aktif, mereka yang bermain tenis mengalami pertambahan usia sekitar 9,7 tahun, diikuti oleh bulu tangkis (6,2 tahun), sepak bola (4,7 tahun), bersepeda (3,7 tahun), berenang (3,4 tahun), jogging (3,2 tahun) ), senam (3,1 tahun) dan aktivitas klub kesehatan (1,5 tahun).

Meskipun terdapat kesenjangan yang besar antara waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tersebut, durasi tersebut tidak memengaruhi perpanjangan usia. 

Mereka yang bermain tenis sebagai olahraga utama mereka melakukan 520 menit aktivitas fisik per minggu. Di sisi lain, latihan gym berada di urutan terakhir dalam hal ini, meskipun para pelaku mengaku rutin melakukan aktivitas mingguan secara keseluruhan.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id