Manfaat Sikap Optimis Bagi Kesehatan
(Foto: Identity Magz)
Jakarta: Sikap optimis tak hanya berpengaruh terhadap keberhasilan, tetapi juga berdampak signifikan pada kesehatan fisik dan mental. Dilansir dari Elite Daily, ada tiga manfaat jika Anda terus mengembangkan sifat optimis.

1. Sikap optimis membuat Anda lebih memilih makanan sehat

Menurut penelitian yang dilakukan JACC, orang-orang yang memiliki sikap optimis secara umum akan lebih memilih diet yang lebih sehat dengan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran, dan lebih sedikit mengonsumsi daging olahan atau makanan manis. Dan dengan memilih pola makan yang lebih sehat, Anda akan merasa lebih baik entah itu secara fisik, yang pada akhirnya dapat membuat Anda lebih baik secara mental.


2. Berpikiran positif dapat membuat Anda rutin berolahraga

Darwin Labarthe, MD, MPH, PhD,  profesor dari preventive medicine  di Northwestern University Feinberg School of Medicine mengatakan bahwa memiliki sikap optimis terkait dengan keinginan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Robert Glatter, M.D., asisten profesor dari emergency medicine di Lenox Hill Hospital, mengatakan jika Anda tidak sempat melakukan olahraga secara langsung, bisa juga melakukan yoga atau tai chi yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

3. Sikap optimis dapat membuat Anda percaya diri

Penelitian menunjukkan bahwa berpikir positif dalam bentuk khayalan tentang masa depan, berkaitan dengan penurunan gejala depresi dan kesejahteraan positif secara keseluruhan. Kuncinya adalah dengan membayangkan hal-hal positif daripada memikirkan sesuatu yang tidak berjalan dengan keinginan Anda.


Lihat video:


 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id