Apa yang harus dilakukan jika bayi tak sengaja memakan pasir? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apa yang harus dilakukan jika bayi tak sengaja memakan pasir? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)

Yang Terjadi Jika Bayi Tidak Sengaja Makan Pasir

Rona kesehatan pencernaan perkembangan anak
Raka Lestari • 10 Juni 2019 13:18
Perhatikan jika bayi Anda menelan pasir. Jika ia mulai rewel, diare, muntah, sakit perut, atau demam segera bawa ke pusat layanan kesehatan terdekat, jangan menunggu lama. Konsultasikan pada dokter spesialis anak kondisi si kecil. Beberapa bakteri, seperti yang terdapat dalam kotoran manusia adalah salah satu hal yang perlu diwasapadai jika bayi Anda tidak sengaja menelan pasir.
 

 
Jakarta: Jika Anda pernah mengajak bayi berlibur ke pantai atau melakukan permainan yang menggunakan pasir, hal yang paling dikhawatirkan adalah kejadian pasir yang tidak sengaja tertelan oleh bayi Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bayi masih belum mengetahui apa pun, sehingga mereka akan sangat mungkin menelan pasir ketika sedang bermain. Butiran-butiran kasar dari pasir membuat para bayi tertarik dan ingin mencobanya.
 
Namun menurut Women and Children's Health Network, secara umum bayi yang tidak sengaja mengonsumsi pasir bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.
 
Bayi akan dengan cepat mengetahui bahwa pasir memiliki rasa yang tidak enak, sehingga rasa ingin tahu mereka sudah terpenuhi. Akan tetapi itu bukan berarti tidak memiliki risiko.
 
Pasir bukanlah makanan dan bisa terdapat sejumlah kontaminan di dalamnya. Sehingga Anda harus mencegah bayi Anda memakan pasir.
 
Yang Terjadi Jika Bayi Tidak Sengaja Makan Pasir
(Perhatikan jika bayi Anda menelan pasir. Jika ia mulai rewel, diare, muntah, sakit perut, atau demam segera bawa ke pusat layanan kesehatan terdekat, jangan menunggu lama. Foto: Pexels.com)

Yang perlu diperhatikan jika bayi menelan pasir

Tapi, apa bahaya sebenarnya ketika bayi makan pasir? Menurut Dr Randi Nelson, dari Brightpoint Health di Brooklyn, New York mengatakan kepada Romper bahwa, "Pada umumnya, menelan pasir memang tidak berbahaya. Tetap bagaimanapun, pasir yang terdapat dalam mainan kotak pasir atau pantai dapat mengandung bahan-bahan berbahaya yang menjadi tempat berkumpulnya bakteri terutama jika pasir tersebut dalam keadaan basah."
 
Beberapa bakteri, seperti yang terdapat dalam kotoran manusia adalah salah satu hal yang perlu diwasapadai jika bayi Anda tidak sengaja menelan pasir.
 
Dan pasir yang basah adalah pasir yang disukai bayi untuk mereka mainkan. Pasir basah bisa menjadi mainan yang menyenangkan bagi bayi karena pasir yang basah bisa dibentuk sesuai keinginan mereka. Namun Dr Nelson menjelaskan bahwa pasir bersih pun bisa berbahaya.
 
"Menelan pasir dalam jumlah yang besar dapat membuat bayi tersedak atau menyebabkan penyumbatan usus," ujar Dr Nelson. Untuk itu, perhatian orang tua sangat diperlukan ketika bayi sedang bermain pasir.
 
Jadi jika anak Anda menelan pasir, terutama dalam jumlah besar, Dr Nelson merekomendasikan untuk memantau bayi Anda apakah mereka mengalami diare, muntah, sakit perut, dan / atau demam. Jika Anda melihat salah satu dari gejala ini, segera hubungi dokter anak Anda.
 
Anda bisa menghubungi beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Pluit, Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, atau Rumah Sakit Atma Jaya. Atau hubungi rumah sakit atau pusat layanan terdekat lainnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif