Serat dalam kurma membantu tubuh mendorong limbah melalui usus besar dan menghilangkannya dengan lebih mudah dan teratur. (Foto: Pexels.com)
Serat dalam kurma membantu tubuh mendorong limbah melalui usus besar dan menghilangkannya dengan lebih mudah dan teratur. (Foto: Pexels.com)

Manfaat Makan 2 Buah Kurma Setiap Hari

Rona kesehatan
Torie Natalova • 03 Juni 2019 09:00
Kurma mengandung kalium, serat, protein dan beberapa jenis antioksidan. Kurma juga mengandung banyak tembaga, mangan, vitamin B6, magnesium dan zat besi. Serat dalam kurma membantu tubuh mendorong limbah melalui usus besar dan menghilangkannya dengan lebih mudah dan teratur.
 

Jakarta: Kurma adalah buah-buahan dengan rasa manis dan tekstur kenyal yang paling banyak muncul saat bulan Ramadan tiba. Meski memiliki rasa yang sangat manis, nutrisi dari kurma sangat banyak.
 
Hanya makan satu porsi atau 3,5 ons kurma per hari memenuhi kebutuhan harian Anda untuk kalium, serat, protein dan beberapa jenis antioksidan. Kurma juga mengandung banyak tembaga, mangan, vitamin B6, magnesium dan zat besi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kurma memiliki banyak jenis dan apapun jenisnya, kurma menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang baik. Makan hanya dua kurma setiap hari selama satu minggu, Anda akan merasakan perubahan dalam tubuh Anda seperti berikut ini.
 
Manfaat Makan 2 Buah Kurma Setiap Hari
(Serat dalam kurma membantu tubuh mendorong limbah melalui usus besar dan menghilangkannya dengan lebih mudah dan teratur. Foto: Pexels.com)

1. Pencernaan yang lebih baik

Serat adalah komponen penting dari pencernaan yang sehat. Serat membantu tubuh mendorong limbah melalui usus besar dan menghilangkannya dengan lebih mudah dan teratur.

2. Energi berkelanjutan

Meski rasanya manis, kurma tidak akan meningkatkan gula darah Anda melainkan merupakan sumber energi yang berkelanjutan.

3. Mencegah penyakit

Kurma mengandung banyak antioksidan yang merupakan senyawa untuk mengikat dan menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini cenderung merusak sel yang meningkatkan risiko munculnya penyakit. Kurma memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari semua jenis buah.
 
Tiga jenis antioksidan yang paling tinggi adalah flavonoid yang dikenal mengurangi peradangan dalam tubuh. Karotenoid adalah antioksidan yang banyak membantu kesehatan jantung dan mata Anda. Antioksidan asam fenolik diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau kanker.

4. Penurunan mental lebih rendah

Ada banyak cara untuk menjaga otak Anda tetap tajam tetapi semua bergantung pada nutrisi yang tepat untuk mempertahankan kesehatan otak. Kurma telah dipercaya dapat menurunkan penanda peradangan pada materi abu-abu di otak yang dikaitkan dengan tingkat Alzheimer lebih tinggi.
 
Kurma bisa menjadi pengganti gula putih yang sangat baik. Ada dapat membuat gula kurma dengan mencampurkan kurma dan air dengan cara blender hingga mendapatkan pasta. Meskipun pasta kurma mengandung kalori cukup tinggi, pasta kurma tetap memiliki serat makanan dan antioksidan yang tidak ada dalam gula putih.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif