Beberapa wanita yang sedang mengandung terkadang merasa penasaran bagaimana bentuk bayi mereka ketika lahir nantinya. Ilustrasi/Pexels.
Beberapa wanita yang sedang mengandung terkadang merasa penasaran bagaimana bentuk bayi mereka ketika lahir nantinya. Ilustrasi/Pexels.

Tanda Bayi akan Berukuran Besar saat Lahir

Rona bayi
Raka Lestari • 26 November 2019 12:05
Jakarta: Beberapa wanita yang sedang mengandung terkadang merasa penasaran bagaimana bentuk bayi mereka ketika lahir nantinya. Apakah sang bayi akan memiliki rambut yang lebat atau tidak?
 
Dan beberapa pertanyaan lainnya. Dan berhubungan dengan ukuran bayi, ada beberapa tanda bahwa bayi yang Anda lahirkan nantinya memiliki ukuran yang besar.
 
Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa bayi Anda akan lahir dalam ukuran yang cukup besar, seperti dilansir romper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan USG
 
Dokter kandungan Anda dapat memperkirakan ukuran bayi Anda melalui pemeriskaan USG. Penting untuk diingat bahwa hal tersebut tidak bersifat mutlak karena bisa saja hal tersebut tidak terjadi.
 
"Kami menggunakan pita pengukur itu untuk mengukur perut saat Anda melakukan kunjungan perawatan pranatal," kata Dr Jeanne Shield, direktur divisi kedokteran ibu-janin di Johns Hopkins Medicine. Sehingga hal itu bisa menjadi pertanda terhadap sesuatu yang tidak biasa pada kandungan.
 
Kenaikan berat badan saat hamil
 
Kenaikan berat badan lebih dari yang disarankan dokter saat hamil meningkatkan kemungkinan makrosomia janin atau bayi besar. Tergantung pada berat badan pra-kehamilan Anda, dokter biasanya menyarankan kenaikan tidak lebih dari 35 pound (atau 20 jika Anda dianggap obesitas secara medis).
 
Faktor genetik
 
Jika Anda atau pasangan memiliki tinggi yang berbeda dari kebanyakan orang lainnya, maka bayi Anda juga kemungkinan mengalaminya juga. Menurut Dr Louis Muglia, co-direktur Institut Perinatal di Cincinnati Children's Hospital Medical Center
 
“Kami menemukan bahwa tinggi badan orang tua yang signifikan berhubungan dengan dengan durasi kehamilan, berat bayi saat lahir, dan panjang bayi saat lahir,” terangnya.
 
Bukan anak pertama
 
Urutan kelahiran berperan dalam menentukan ukuran bayi Anda. Bayi kedua (atau lebih baru) cenderung lebih besar dari bayi pertama. Ada bukti bahwa bayi kedua cenderung lebih besar dari bayi pertama, menurut artikel BabyCentre UK. Rata-rata bayi kedua sekitar 3,5 ons lebih berat daripada yang pertama.
 
Anda mengidap diabetes gestasional
 
Mengalami diabetes gestasional (GD) secara signifikan meningkatkan kemungkinan memiliki bayi besar, menurut Stanford Children's Health. GD menyebabkan jumlah glukosa dalam tubuh Anda meningkat, dan itu berdampak juga pada bayi Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif