Mandi menggunakan air hangat memberikan banyak manfaat bagi kulit. (Ilustrasi/Pexels)
Mandi menggunakan air hangat memberikan banyak manfaat bagi kulit. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Mandi Air Hangat

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Desember 2019 11:05
Jakarta: Mandi menggunakan air hangat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Dua di antaranya, sebagai relaksasi dan membersihkan kulit dari polusi udara ekstrim.  
 
Hal ini berkaitan dengan polusi udara yang bisa menyebabkan stres. Pengaruh lingkungan ini berdampak bagi kesehatan mental karena adanya ketimpangan antara kondisi lingkungan 
dengan kendali yang individu miliki untuk mengubah kondisi tersebut. 
 
"Contohnya, kita merasa khawatir ketika melihat langit Jakarta yang gelap karena polusi. Namun kita sendiri tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengembalikan kondisi udara menjadi bersih seperti dahulu," ujar Psikolog Veronica Adesla di Ocha & Bella, Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, kondisi stres ini bisa diatasi dengan memiliki gaya hidup sehat. Di antaranya, melakukan sejumlah kegiatan seperti berolahraga, tidur yang cukup, megonsumsi makanan sehat.
 
Kemudian, menerapkan pola manajemen stres yang sehat, salah satunya dengan teknik relaksasi. Berdasarkan penelitian Ebisu, Katsuki, Merita, Mori, dan Yanagimoto di tahun 2005, air hangat dapat menurunkan gelombang theta atau gelombang yang merepresentasikan mental strain.
 
Maka demikian, kata Veronica, mandi dengan air hangat dapat dijadikan teknik relaksasi untuk mengurangi stres. Juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang kemudian berdampak baik bagi kesehatan mental manusia.
 
"Mandi air hangat sebelum tidur dapat mengaktifkan pineal gland di otak untuk memproduksi melatonin, hormon yang membantu kita tidur. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah 1-2 jam sebelum tidur," papar Vero, sapaannya.
 
Fakta lainnya, berdasarkan penelitian di Jepang, mandi di air hangat memiliki efek yang lebih positif dibandingkan mandi dengan air biasa dan air dingin. Mandi air hangat dapat menurunkan tingkat kecemasan, amarah, atau depresi, dan membuat lebih banyak tersenyum.
 
Mandi dengan air hangat disarankan tidak lebih dari 10 menit dan tidak dengan suhu yang panas. Jika mandi dengan durasi yang lebih lama dan terlalu panas, maka berisiko memperburuk kondisi kulit.
 
Suhu yang tepat untuk orang dewasa ialah maksimal 41 derajat celcius, sedangkan untuk anak-anak maksimal 37 derajat celcius. Namun, untuk mencari suhu air hangat yang tepat akan membutuh waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa memakan waktu setengah jam. 
 
Polusi ekstrim dengan udara yang kotor memang bisa diatasi dengan mandi menggunakan air hangat. Berpengaruh juga untuk menjaga daya tahan tubuh karena dapat menjaga sistem perlindungan terluar, yakni kulit. 
 
"Udara yang terpapar sehari-hari pada kita memiliki dampak negatif ke beberapa aspek kehidupan seperti kesehatan kulit dan mental. Kami telah bekerja sama dengan beberapa expert untuk memberikan solusi sederhana atas kondisi ini, ternyata mandi air hangat bisa menjadi solusinya," ujar Erwin Lim selaku Marketing Director PT Ariston Thermo Indonesia. 
 
Cara yang paling tepat untuk menentukan suhu air hangat ialah menggunakan water heater. Produk yang telah teruji pastinya lebih memberikan kenyamanan bagi penggunanya, meskipun sebelumnya telah terpapar kondisi suhu udara yang sangat ekstrim.
 
"Ariston secara global memiliki campaign bernama The Ariston Comfort Challenge dan dalam campaign ini Ariston selalu ingin memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat meski dalam kondisi ekstrim. Pada suhu ekstrim, produk water heater dan boiler Ariston bekerja sempurna memberikan kehangatan dan kenyamanan," pungkas Erwin.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif