NEWSTICKER
Badan Pusat Statistik memprediksi pada tahun 2035 jumlah lansia akan mencapai 48 juta jiwa--Ilustrasi/Pexels
Badan Pusat Statistik memprediksi pada tahun 2035 jumlah lansia akan mencapai 48 juta jiwa--Ilustrasi/Pexels

Investasi Kebutuhan Gizi Buat Para Lansia

Rona lansia
Kumara Anggita • 12 November 2019 12:07
Jakarta: Penduduk berusia lanjut (60 tahun ke atas) berjumlah sangat besar. Badan Pusat Statistik memprediksi pada tahun 2035 jumlah lansia akan mencapai 48 juta jiwa atau 15 persen dari total penduduk Indonesia. Sayangnya, di Indonesia tidak semua lansia dalam keadaan ideal.
 
Dokter Spesialis Geriatri, Purwita Wijaya Laksmi menjelaskan bahwa untuk membuat lansia dalam keadaan sehat, maka perlu untuk memperhatikan kecukupan gizi.
 
"Di Indonesia, masih banyak lansia yang mengalami ketidakcukupan gizi (malnutrisi), padahal asupan gizi yang seimbang sangat penting untuk membantu para lansia agar tetap sehat. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi tubuh dan perubahan metabolisme yang dapat membuat para lansia lebih rentan terhadap penyakit dan kegilangan masa otot," jelasnya dalam Acara Nestle Boost Optimum Ajak Lansia Indonesia Hidupkan Mimpi yang Tertunda di Jakarta, Senin, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Malnutrisi pada lansia, lanjutnya, dapat mengakibatkan penurunan berat badan, kelelahan, dan tidak berenergi, kehilangan massa dan kekuatan otot, daya ingat melemah, kerentanan, mudah sakit, dan perlu waktu lama untuk sembuh. "Kondisi ini dapat menganggu para lansia dalam menjalani aktivitas hariannya," terangnya.
 
Berkaitan dengan ini, Marketing Manager Nestlé Health Science, Dokter Yulia Megawati ingin membuat para lansia terjauh dari malnutrisi.
 
"Berkomitmen dalam mengembangkan terapi gizi sebagai solusi bagi perawatan kesehatan di Indonesia, NHS menghadirkan Nestlé BOOST Optimum, produk yang diformulasikan secara khusus, yang mengandung 50 persen protein whey dan perbandingan komposisi whey dan kasein-nya sebesar 50:50," paparnya.
 
Nestlé BOOST Optimum bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan gizi untuk mendukung aktivitas harian para lansia. Nestlé BOOST Optimum juga diperkaya Vitami D, E, B6, dan B12, serta prebiotik dan probiotik. Probiotik dan prebiotikini berguna untuk membangu menjaga keshatan pencernan.
 
Selain faktor medis seperti riwayat penyakit dan faktor fisik. Faktor sosial seperti rasa kesepian atau depresi juga bisa menjadi penyebab terjadinya malnutrisi pada lansia.
 
Karena itu, keluarga memiliki peran penting untuk membantu menjaga keseimbangan kondisi mental, fisik, dan sosial para lansia. Dari sekarang pedulikanlah para lansia agar mereka bisa tetap sehat, aktif, produktif dan tentunya yang paling penting bahagia.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif