Apa saja perlindungan yang penting bagi anak di masa pandemi ini? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
Apa saja perlindungan yang penting bagi anak di masa pandemi ini? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)

Pentingnya Perlindungan Dalam dan Luar Tubuh Anak di Masa Pandemi

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 03 Juli 2020 21:56
Jakarta: Selama masa pandemi covid-19 penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Namun sebenarnya, dalam menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak tidak hanya dilakukan dari dalam saja tetapi juga dari luar.
 
“Pada masa pandemi seperti sekarang ini, anak tetap harus bergerak dan harus tetap mendapatkan edukasi dalam menjaga kesehatan yang benar agar terlindung dari bahaya covid-19,” ujar dr. Margareta Komalasari, Sp.A - Dokter Anak dan Anggota IDAI Jaya, dalam Media Talkshow Online bertajuk #GerakanTanganABC, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Ia menyarankan selain mendapatkan kebutuhan gizi yang cukup, anak-anak juga tetap bergerak aktif sesuai dengan usianya. “Misalnya untuk anak usia 2 – 3 tahun bisa diajak untuk berlari, melompat, atau menangkap bola," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedangkan untuk anak usia empat tahun bisa diajarkan untuk bermain sepeda. Disesuaikan dengan tahapan usia mereka dan minimal satu kali sehari selama satu jam,” ujar dr. Margareta.
 
“Dan kalau perlindungan dari dalam, kita bisa memberikan anak asupan gizi yang lengkap. Jika dirasa kurang seimbang, bisa dengan memberikan multivitamin lengkap. Hal ini bertujuan agar tetap menjaga pola keseimbangan nutrisi anak,” tutur dr. Margareta.
 
Ketika sedang berada di luar rumah, dr. Margareta juga menyarankan agar orang tua memngajarkan anak-anak untuk menjaga tubuh dari faktor-faktor eksternal. 
 
“Ajarkan anak untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, melakukan physical distancing dan ajarkan juga mereka untuk tetap berjemur,” katanya.
 
“Agar anak-anak bisa lebih tertarik dan memahami mengenai protokol kesehatan, bisa diajarkan dengan cara yang menarik bagi anak-anak. Misalnya dengan mengajarkan cara mencuci tangan, dengan mencontohkan gerakan-gerakan yang lucu,” saran dr. Margareta.
 
Dengan begitu, anak-anak diharapkan bisa lebih tertarik dan bisa memahami pentingnya melakukan protokol kesehatan. Dengan memahami protokol kesehatan, diharapkan anak-anak menjadi bisa melindungi dirinya sendiri dari infeksi atau virus lain yang ada di sekitar lingkungannya.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif