Ilustrasi rapid test kit. (Foto: ANTARA/Aji Styawan)
Ilustrasi rapid test kit. (Foto: ANTARA/Aji Styawan)

475 Ribu Kit Rapid Tes Didistribusikan ke Daerah

Rona Virus Korona Coronavirus covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 02 April 2020 10:01
Jakarta: Pemerintah Indonesia mengupayakan berbagai hal dalam penanganan pandemi global covid-19 (new coronavirus). Termasuk penyediaan kit rapid tes dari pemerintah pusat yang didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia, hingga kini mencapai lebih dari 475 ribu.
 
"475.200 kit untuk rapid tes telah didistribusikan ke seluruh dinas kesehatan provinsi," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu, 1 April 2020.
 
Kit tersebut didistribusikan untuk selanjutnya digunakan sebagai skrining awal dalam penanganan covid-19. Tujuannya, menemukan kasus positif di tengah masyarakat dalam rangka memutus rantai penularan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, hingga saat ini sebanyak lebih dari 6.500 spesimen covid-19 telah dikirimkan ke 34 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. 
 
Uji spesimen tersebut akan dilakukan dengan metode tes PCR (Polymerase Chain Reaction) 
"Dari pemeriksaan PCT ini akan memakan energi dan SDM (sumber daya manusia) cukup banyak. Akan terus kita lakukan" tuturnya.
 
Ia menekankan bahwa Pemerintah Indonesia berkomitmen ke depannya akan melakukan langkah yang lebih agresif. Agar dapat lebih cepat menemukan kasus positif covid-19 dan memotong rantai penularan.
 
"Dari kasus yang kita dapatkan kemudian menelurusi kontak dekat yang ada, ini sudah melibatkan lebih dari 5.000 petugas kesehatan yang terjun di tengah masyarakat untuk melakukan penyelidikan epidemologi," pungkasnya.
 
Sementara itu, jumlah pasien positif covid-19 bertambah 149 orang, sehingga totalnya 1677 kasus per Rabu, 1 April 2020. Kasus sembuh bertambah 22 orang dengan total menjadi 103 orang, sedangkan angka kematian dari pasien positif bertambah 21 jadi 157 orang.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif