Ketika bayi tumbuh, terjadi peregangan dan pelemahan otot. Jaringan peritoneum dan fascia menyebabkan pusar Anda menonjol dan terdorong keluar. (Foto: Pexels)
Ketika bayi tumbuh, terjadi peregangan dan pelemahan otot. Jaringan peritoneum dan fascia menyebabkan pusar Anda menonjol dan terdorong keluar. (Foto: Pexels)

Mengapa Pusar Menonjol saat Hamil?

Rona kehamilan
Raka Lestari • 08 Juli 2019 12:32
Saat hamil, bentuk tubuh banyak yang berubah. Salah satunya pusar yang menonjol. Bagi para ahli, seperti Dr Linda Burke, sebaiknya tidak perlu meras khawatir. Sebab itu terjadi karena otot-otot perut di bawah lapisan tipis jaringan yang disebut peritoneum.
 

Jakarta:
Selama masa kehamilan, Anda akan menemukan adanya perubahan yang cukup signifikan pada tubuh Anda. Beberapa perubahan tersebut mungkin dapat membuat Anda merasa kagum, namun beberapa lainnya akan cukup mengganggu.
 
Salah satu yang cukup terlihat adalah perubahan pada pusar Anda. Di mana pusar Anda akan lebih menonjol keluar dibandingkan saat sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika ini terjadi, sebaiknya Anda tidak perlu merasa khawatir. Biasanya ini terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.
 
"Jika itu terjadi pada Anda, jangan khawatir. Ini sama sekali tidak menunjukkan masalah dan pusar Anda mungkin akan kembali normal setelah kehamilan Anda," ujar Karmon James, seorang dokter ob-gyn.
 
Sementara itu, Dr Linda Burke, dokter ob-gyn bersertifikat dan penulis buku The Smart Mother's Guide to a Better Pregnancy menjelaskan, mengapa hal ini bisa terjadi. Ia mengatakan bahwa selama kehamilan, otot-otot perut meregang dan di bawah otot perut terdapat lapisan tipis jaringan yang disebut peritoneum.
 
Jaringan tersebut melindungi isi dalam perut dan panggul. Di luar peritoneum terdapat jaringan pelindung lainnya.
 
"Ada juga jaringan yang disebut fascia. Jaringan tersebut menutupi otot. Dan umbilicus (pusar) merupakan tempat berkumpulnya jaringan fascia dan peritoneum. Seperti yang Anda ketahui, ketika Anda masih berbentuk janin tali pusar merupakan jalan untuk nutrisi dari ibu ke janin. Dan setelah lahir, tali pusar tersebut akan dipotong yang setelah sembuh akan membentuk pusar," terang Dr. Linda.
 
Mengenai mengapa pusar Anda keluar selama tahap-tahap akhir kehamilan Anda, Dr Burke menjelaskan, ketika bayi tumbuh, terjadi peregangan dan pelemahan otot. Jaringan peritoneum dan fascia menyebabkan pusar Anda menonjol dan terdorong keluar.
 
Faktanya, pusar yang menyembul saat kehamilan adalah sesuatu yang sangat normal dan biasanya tidak berbahaya selama kehamilan. "Kondisi ini tidak berbahaya kecuali sebagian usus terperangkap dalam hernia umbilikal," jelas Dr Burke.
 
Hernia terjadi ketika organ atau jaringan internal menekan otot atau jaringan fascia. Jika pusar Anda terasa sakit atau ada massa yang menonjol di samping pusar Anda, kunjungi dokter Anda.
 
Ini Manfaat Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif