Dr. Lie Agustinus Dharmawan membangun Rumah Sakit Apung (RSA) yang menjalankan misinya keliling Nusantara. (Foto: Dok. Instagram doctorSHARE/@doctorshare)
Dr. Lie Agustinus Dharmawan membangun Rumah Sakit Apung (RSA) yang menjalankan misinya keliling Nusantara. (Foto: Dok. Instagram doctorSHARE/@doctorshare)

Dr. Lie Agustinus, Pejuang Kesehatan yang Mendirikan Rumah Sakit Apung (RSA)

Rona kisah
Kumara Anggita • 13 Agustus 2020 14:12
Jakarta: Masih ada beberapa tempat di Indonesia yang pelayanan kesehatannya kurang. Hal ini mendorong banyak orang di bidang kesehatan untuk membangun suatu perubahan.
 
Salah satu pejuang kesehatan yang berhasil mewujudkan mimpinya untuk menyehatkan masyarakat Indonesia adalah Dokter Ahli Bedah, dr. Lie Agustinus Dharmawan, Ph.D, Sp.B, Sp.BTKV. Ia telah mendirikan rumah sakit apung pada tahun 2009 lalu di bawah Yayasan doctorSHARE untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis.
 
Ide ini berangkat dari hasil perhatiannya terhadap rumah sakit apung yang biasa dimiliki oleh angkatan laut. Ia berharap bahwa suatu saat ia bisa mendirikan hal yang serupa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


View this post on Instagram

Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan bersama 26 relawan doctorSHARE telah selesai melaksankan pelayanan medis di Agats, Kabupaten Asmat, Papua yang berlangsung pada 22 - 25 Mei 2019. . RSA kembali berlayar dari Agats ke Timika selama 17 jam, membawa serta para relawan untuk selanjutnya pulang ke daerah asalnya masing-masing. Terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu berjalannya pelayanan medis di Agats???? . Video oleh Relawan Media doctorSHARE, Bambang Supriyanto (@bambang_supyan) . . . #doctorSHARE #DokterPeduli #PelayananMedis #MedicalService #Healthcare #HealthProgram #RumahSakitApung #RSA #FloatingHospital #HospitalShip #PelabuhanPomako #PomakoPort #Mimika #Timika #KabupatenTimika #Agats #Asmat #KabupatenAsmat #Papua #Indonesia

A post shared by doctorSHARE (@doctorshare) on


(Video Relawan Media doctorSHARE di RS Apung (RSA). Video: Dok. Instagram doctorSHARE/@doctorshare)
 
“Rumah Sakit Apung sebenarnya bukan sesuatu yang baru. RS Apung sudah ada puluhan tahun biasanya sampai saat ini dimiliki oleh angkatan bersenjata khususnya angkatan laut. Kebetulan untuk mengevakuasi serdadu yang terluka dari bertempur lalu dibawa ke rumah sakit yang aman. Dalam hal ini, rumah sakit yang berada di atas kapal,” ujarnya dalam dalam Newsline, Metro TV.
 
Ia melihat kapal yang dimiliki harus besar dan canggih dan hal ini membuat dia berpikir apakah ia sungguh bisa mengaktualisasikan idenya. Dan untungnya, ia bisa mendirikannya dengan bantuan-bantuan dari banyak orang.
 
“Kalau kapal ini ada di tengah pertempuran, kapal ini harus besar, punya helipad dan lain-lain. Akan tetapi sebagai dokter biasa punya rumah sakit sebesar itu dari mana uangnya. Hingga akhirnya pertolongan terus berdatangan,” ujarnya.
 
Dr. Lie Agustinus, Pejuang Kesehatan yang Mendirikan Rumah Sakit Apung (RSA)
(Dr. Lie Agustinus Dharmawan, Ph.D, Sp.B, Sp.BTKV, seorang dokter ahli bedah lulusan S3 Free University of Berlin, Jerman mendirikan Rumah Sakit Apung untuk masyarakat miskin dan terpencil di Indonesia. Foto: Dok. Instagram doctorSHARE/@doctorshare)
 
“Pada awalnya orang tidak percaya, dan saya harus mulai dari diri sendiri untuk menunjukkan bahwa kalau kita mau sungguh-sungguh melakukan dan itu bisa,” lanjutnya.
 
Saat ini pengobatan terus berjalan di kapal apung. Ini sudah berjalan ke banyak pelosok Indonesia. 
 
“Kami ada satu klinik di Pulau Kei. Di sana kami mula-mula melakukan pelayanan dengan membawa panti rawat gizi karena kami menemukan anak-anak yang kekurangan gizi. Anaknya sangat kurus, kami ambil dan kami rawat,” jelasnya.
 
“Paling jauh ke Papua baik wilayah pegunungan atau pantai. Kami sudah hampir seluruh Nusantara,” ujarnya.
 
Dari sini, ia melihat dan mengakui bahwa masyarakat Indonesia masih kesulitan untuk mendapatkan akses kesehatan. Semoga Rumah Sakit Apung ini bisa menginspirasi semakin banyak orang untuk melakukan perubahan.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif