Masyarakat diimbau tidak panik dengan kasus penyebaran virus korona baru covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
Masyarakat diimbau tidak panik dengan kasus penyebaran virus korona baru covid-19. (Ilustrasi/Pexels)

Tak Perlu Panik dengan Covid-19

Rona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 06 Maret 2020 07:05
Jakarta: dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K), selaku Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, mengimbau agar masyarakat tidak panik dengan kasus penyebaran virus korona baru covid-19. Sebab, sejumlah penyakit lain dinilai lebih berbahaya.
 
"Penyakit menular banyak, tapi bukan covid-19 saja. Banyak penyakit lain yang menular, seperti TBC, HIV, hepatitis, itu juga dengan risiko yang berat," ujar dr. Erlina di Kantor Sekretariat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jakarta Pusat, Kamis, 5 Maret 2020.
 
Penyakit-penyakit berisiko tersebut, kata Erlina, memiliki persentase atau angka kematian yang lebih tinggi dari covid-19. Namun, selama dua bulan ini masyarakat hanya fokus dengan covid-19 bahkan hingga diselimuti dengan kekhawatiran. "Waspada penting, tapi jangan panik. Apalagi apa yang terjadi sekarang ini, orang borong sembako," paparnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demikian dengan pemberitaan serta informasi yang tersebar di media sosial yang dinilainya terlalu membesar-besarkan penyebaran penyakit ini. Sementara jika dibandingkan dengan tuberkulosis, di Indonesia sendiri mencapai 845 ribu kasus per tahun dengan kematian 98 ribu per tahun. 
 
"Coba sehari berapa, demam berdarah. Kenapa ini cuma dua (kasus positif covid-19 di Indonesia namun membuat panik). Penyakit menular banyak. Dulu flu, batuk, demam biasa saja," paparnya.
 
Dahulu kondisi flu, batuk, sesak napas, dan deman, dianggap biasa saja. Akan tetapi saat ini berbeda, karena kata dr. Erlina, sakit seperti itu orang sudah panik atau khawatir dirinya terdampak covid-19.
 
Padahal, tidak bepergian dari daerah terwabah di luar negeri atau tidak bertemu dengan orang lain yang terdampak covid-19. "Masyarakat memang harus waspada tapi intinya tingkatkan daya tahan tubuh, praktikkan gaya hidup bersih sehat," pungkasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif