Memijat bayi adalah cara yang bagus untuk mendukung perkembangan motorik yang tepat. (Foto: Pexels.com)
Memijat bayi adalah cara yang bagus untuk mendukung perkembangan motorik yang tepat. (Foto: Pexels.com)

Ketahui Jenis Pijatan yang Tepat untuk Bayi Anda

Rona perkembangan anak
Torie Natalova • 26 April 2019 07:25
Bayi biasanya menghirup udara ketika mereka menyusui langsung atau menggunakan botol. Udara yang mereka hirup menjadi gas dan terkadang sulit dikeluarkan. Ketika ini terjadi, Anda dapat melakukan pijatan pada si kecil. 
 

 
Jakarta:
Pijat bayi direkomendasikan untuk membantu perkembangan bayi baik fisik maupun emosinya. Selain itu perkembangannya, pijat dapat menjalin ikatan yang kuat antara ibu dan bayinya. Tetapi, pijatan mana yang terbaik untuk bayi Anda?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejak bayi dilahirkan, mereka harus dekat dengan ibu untuk menerima kehangatan dan sentuhannya. Karena itu, penting untuk memasukkan teknik pijat sejak bayi lahir dan selama perkembangannya. Ada beberapa jenis pijat bayi yang dapat Anda lakukan dan sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

1. Pijat untuk stimulasi bayi

Memijat bayi adalah cara yang bagus untuk mendukung perkembangan motorik yang tepat. Anda dapat melakukan pijatan khusus dan sederhana. 
 
Agar efektif, letakkan bayi dengan posisi telentang di tempat yang nyaman. Lakukan gerakan searah jarum jam dengan tangan di persendian lengan dan kaki. 
 
Ketahui Jenis Pijatan yang Tepat untuk Bayi Anda
(Memijat bayi adalah cara yang bagus untuk mendukung perkembangan motorik yang tepat. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Jonathan Frizzy Belajar Pijat Bayi)

2. Pijat untuk membantu mengeluarkan gas

Bayi biasanya menghirup udara ketika mereka menyusui langsung atau menggunakan botol. Udara yang mereka hirup menjadi gas dan terkadang sulit dikeluarkan. 
 
Ketika ini terjadi, Anda dapat meletakkan telapak tangan di atas pusarnya kemudian geser tangan Anda ke atas dan kebawah perlahan. Pijatan ini akan mengeluarkan gas dalam perut bayi sedikit demi sedikit.

3. Pijat untuk penderita kolik

Seperti gas, bayi biasanya sering mengalami kolik yaitu kontraksi otot-otot yang mengelilingi area usus dan diproduksi oleh tubuh bayi.
 
Untuk meredakannya, letakkan bayi dengan posisi terlentang. Kemudian, buat gerakan kecil searah jarum jam. Gunakan sedikit minyak agar lebih mudah menggerakkan pijatan di perut bayi Anda.

4. Pijat untuk ringankan sembelit

Beberapa bayi dapat mengalami sembelit terutama jika mereka minum susu formula. Jika bayi Anda mengalaminya, letakkan bayi telentang. Kemudian, usapkan sedikit minyak di tangan dan gosok-gosok hingga sedikit hangat, pijat perut dengan lembut dari satu sisi ke sisi lain.
 
Pijatan harus dipusatkan di perut bagian bawah yaitu dari pusar ke bawah. Dengan melakukan ini, Anda akan mengaktifkan fungsi organ-organ dalam terutama usus.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif