Lima Tanda Peradangan yang Tidak Anda Sadari

Torie Natalova 28 November 2018 10:28 WIB
kesehatan
Lima Tanda Peradangan yang Tidak Anda Sadari
Berikut adalah lima tanda peradangan yang tidak terkendali oleh pantauan Anda. (Foto: Mari Lezhava/Unsplash.com)
Jakarta: Peradangan bisa dikatakan sebagai akar dari sebagian besar penyakit dari yang ringan hingga serius. Banyak orang juga tidak menyadari bahwa usus adalah sumber utama peradangan dalam tubuh.

Terkadang, tanda-tanda peradangan kronis bisa dengan jelas terlihat. Rasa lelah dan sakit adalah tanda peringatan besar bahwa ada sesuatu yang salah dan terjadi dalam tubuh Anda. Namun, tanda-tanda peradangan kronis juga bisa menjadi tidak begitu jelas.

Berikut adalah lima tanda peradangan yang tidak terkendali oleh pantauan Anda dilansir dari Mindbodygreen.



(Peradangan bisa dikatakan sebagai akar dari sebagian besar penyakit dari yang ringan hingga serius. Banyak orang juga tidak menyadari bahwa usus adalah sumber utama peradangan dalam tubuh. Foto: Jonathan Rados/Unsplash.com)

(Baca juga: Kopi Kurangi Risiko Peradangan pada Lansia)

1. Sulit menurunkan berat badan
Peradangan dapat menahan penyanderaan sel-sel lemak, dan menahan Anda untuk mencapai berat badan ideal meski sudah melakukan banyak cara untuk diet. Lemak tubuh dapat meningkatkan peradangan yang kemudian memaksa tubuh Anda untuk berpegang pada lebih banyak lemak.

2. Gangguan suasana hati
Menurut peneliti, peradangan bisa berhubungan dengan kelelahan, rasa sakit dan depresi. 

3. Sering stres
Ketika stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak katekolamin atau sinyal alarm dan mereka mengacaukan segalanya mulai dari keseimbangan bakteri baik dan buruk dalam mikrobioma usus, hingga kebocoran lapisan usus. Stres dapat memperburuk semua gejala peradangan yang mungkin Anda alami dalam tubuh.

4. Perut kembung
Kembung bisa terjadi karena ketidakseimbangan antara bakteri jahat dan baik dalam usus. Peradangan merupakan faktor utama masalah tersebut. Apa yang terjadi di usus dapat memengaruhi seluruh tubuh bahkan otak Anda. 

5. Mudah sakit
Masalah usus seperti usus bocor dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh Anda. Sekitar 70 persen dari sistem kekebalan terletak di sepanjang lapisan usus, sehingga masalah pada usus dapat membuat Anda lebih rentan terserang penyakit.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id