Selain membantu membuat Anda kenyang, serat larut juga membantu pengurangan lemak dan menghambat penyerapan kolesterol. (Foto: Pexels.com)
Selain membantu membuat Anda kenyang, serat larut juga membantu pengurangan lemak dan menghambat penyerapan kolesterol. (Foto: Pexels.com)

Enam Cara Memangkas Lemak Perut yang Berbahaya

Rona kesehatan
Torie Natalova • 24 April 2019 11:00
Pola makan atau diet yang menggunakan kalori mencakup gandum utuh, dapat mengurangi lemak perut secara signifikan. Ini karena biji-bijian olahan cenderung membuat Anda merasa kurang kenyang dan dapat mengganggu kadar gula darah. Selain itu jangan lupakan latihan olahraga. Latihan kardio seperti aerobik, memiliki efek terbesar pada lemak visceral dan lemak hati. 
 

 
Jakarta:
Perut buncit bisa disebabkan oleh penumpukan lemak visceral atau lemak perut yang diam di sekitar organ Anda. Keburukan lemak visceral adalah bahwa ia memiliki ancaman yang lebih besar terhadap kesehatan daripada jenis lemak lainnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi, ada beberapa cara untuk mengatasi lemak perut sebelum ia mengancam kesehatan Anda. Berikut enam cara untuk mengatasi lemak perut.

1. Kecilkan ukuran porsi makanan Anda

Dalam sebuah penelitian, diet rendah kalori dapat mengurangi lemak perut visceral sebesar 12 persen dan penurunan keseluruhan lemak tubuh hingga lima persen. 
 
Pastikan makanan Anda mengandung banyak protein dan jangan tergoda untuk ngemil. Isi dengan karbohidrat sehat seperti kentang panggang, gandum utuh dan buah juga sayuran.

2. Pilih gandum utuh

Pola makan atau diet yang menggunakan kalori mencakup gandum utuh, dapat mengurangi lemak perut secara signifikan. Ini karena biji-bijian olahan cenderung membuat Anda merasa kurang kenyang dan dapat mengganggu kadar gula darah.
 
(Baca juga: Indikasi Gangguan Kesehatan di Balik Perut Buncit)
 
Enam Cara Memangkas Lemak Perut yang Berbahaya
(Jangan lupakan latihan olahraga. Latihan kardio seperti aerobik, memiliki efek terbesar pada lemak visceral dan lemak hati. Foto: Pexels.com)

3. Fokus pada kardio

Sebuah studi mengatakan latihan kardio setara dengan berlari 12 mil seminggu. Latihan kardio seperti aerobik, memiliki efek terbesar pada lemak visceral dan lemak hati. 
 
Untuk hasil terbaik, gabungkan sesi 3-4 minggu dengan 30-40 menit kardio dengan rutinitas latihan resistensi yang bekerja pada semua hal mulai dari latihan inti hingga latihan gabungan untuk tubuh bagian atas dan bawah.

4. Jangan lupakan serat

Sebuah studi menemukan bahwa makan 10 gram serat larut sehari menghasilkan pengurangan 3,7 persen lemak visceral selama lima tahun. Serat larut membentuk konsistensi seperti gel ketika mencapai perut. 
 
Selain membantu membuat Anda kenyang, juga membantu menghambat penyerapan kolesterol. Serat larut ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, apel, pisang, kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat dapat memberi manfaat mulai dari fungsi otak hingga ukuran perut. Satu studi yang dilakukan oleh American Diabetes Association menemukan asupan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dapat menyebabkan distribusi lemak sentral yang lebih rendah serta penurunan resistensi insulin.
 
Sedangkan lemak trans atau jahat tak hanya berkontribusi pada lemak perut, tapi memindahkan lemak dari area lain ke perut.

6. Tidur lebih nyenyak

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang rata-rata kurang dari lima jam tidur setiap malam, memiliki lebih banyak lemak perut dibandingkan mereka yang tidur rata-rata enam jam atau lebih. Perbaiki pola tidur Anda dan jangan tidur dalam perut penuh atau lapar.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif