Meskipun banyak orang lupa dalam mengingat nama, seseorang akan lebih buruk dalam mengingat wajah. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)
Meskipun banyak orang lupa dalam mengingat nama, seseorang akan lebih buruk dalam mengingat wajah. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Lebih Mudah Mengingat Wajah, Dibandingkan dengan Nama? Ini Alasannya

Rona kesehatan
Raka Lestari • 16 November 2018 09:00
Jakarta: Mungkin Anda pernah mengalami situasi di mana Anda bertemu dengan seseorang di suatu kesempatan, tetapi hanya mengingat wajahnya saja tidak dengan namanya. 
 
Hal ini tentu pernah dialami banyak orang dan hal ini cukup membuat tidak enak. Namun sebenarnya apa alasan dibalik hal tersebut? 
 
Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of York, dalam keadaan di mana Anda mengingat wajah seseorang tetapi tidak dapat mengingat nama mereka, Anda mengandalkan fungsi otak yaitu mengenali wajah seseorang, dan fungsi lainnya yaitu mengingat nama mereka. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan ternyata menurut para peneliti, otak Anda bekerja lebih baik dalam mengenali daripada mengingatnya. 
 
(Baca juga: Pria Lebih Pelupa Dibanding Wanita)
 
Lebih Mudah Mengingat Wajah, Dibandingkan dengan Nama? Ini Alasannya
(Mengetahui wajah seseorang, tetapi tidak mengingat nama mereka adalah fenomena sehari-hari. Foto: Irina/Unsplash.com)
 
Dikutip dari Elite Daily, para peneliti menjelaskan bahwa Anda hanya menyadari bahwa Anda bahkan lupa nama seseorang sama sekali setelah Anda mengenali wajah mereka. 
 
Selain itu, menurut para peneliti otak Anda jarang sekali untuk mengingat nama seseorang dibandingkan wajah mereka, yang berarti Anda cukup sering memikirkan mereka. 
 
Penulis studi Dr Rob Jenkins, dari departemen psikologi di Universitas York mengatakan, "Studi kami menemukan bahwa meskipun banyak orang lupa dalam mengingat nama, seseorang akan lebih buruk dalam mengingat wajah. Sehingga otak akan mengingat lebih dalam wajah seseorang karena jika lupa akan lebih buruk." 
 
Ia juga menambahkan mengetahui wajah seseorang, tetapi tidak mengingat nama mereka adalah fenomena sehari-hari. 
 
"Reaksi spontan manusia adalah adalah mengatakan bahwa nama-nama harus mungkin akan lebih sulit dihafalkan daripada wajah." 
 
Untuk itu, jika lain kali Anda tidak mengingat nama seseorang, maka itu bukanlah salah Anda secara langsung.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif