Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, biasanya akan menyebabkan pori-pori yang terdapat pada cangkangnya terbuka dan pori-pori tersebut dapat mendorong bakteri yang terdapat dalam air masuk ke dalam telur. (Foto: Pexels.com)
Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, biasanya akan menyebabkan pori-pori yang terdapat pada cangkangnya terbuka dan pori-pori tersebut dapat mendorong bakteri yang terdapat dalam air masuk ke dalam telur. (Foto: Pexels.com)

Hindari Mencuci Telur yang Baru Dibeli

Rona tips dan trik teknologi
Raka Lestari • 11 Maret 2019 08:57
Amy Leigh Mercree Mercree pakar kesehatan holistik dan penulis buku "The Mood Book" mengatakan bahwa memang ada potensi bakteri yang mungkin terbentuk di permukaan telur Anda, tetapi dengan mencucinya maka Anda dapat memperburuk keadaan. Karena cangkangnya sangat berpori, Anda dapat mendorong bakteri tersebut kembali ke permukaan telur.
 

 
Jakarta:
Sangat masuk akal bahwa Anda ingin mencuci makanan yang akan Anda konsumsi sebelum memasaknya. Ketika berhubungan dengan makanan, yang akan masuk ke dalam tubuh Anda tentu saja Anda berusaha untuk mengonsumsinya dalam keadaan sebersih mungkin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dalam beberapa kasus makanan, dengan mencuci bahan makanan tertentu mungkin tidak akan berdampak apapun. Dan bagi sebagian lainnya, dengan mencucinya justru bisa membuat bahan makanan tersebut justru bisa menjadi berbahaya. Salah satunya adalah telur segar.
 
Ketika Anda baru saja membeli telur, pastinya salah satu hal yang dilakukan adalah dengan mencucinya sebelum Anda konsumsi.
 
Dilansir dari RD, hanya sedikit sekali para ahli dalam bidang makanan yang membilas atau mencuci telur sebelum memasak atau merebusnya, untuk memastikan bahwa tidak ada kuman atau kotoran yang menempel pada cangkang telur. 
 
Hindari Mencuci Telur yang Baru Dibeli
(Amy Leigh Mercree Mercree pakar kesehatan holistik dan penulis buku "The Mood Book" mengatakan bahwa memang ada potensi bakteri yang mungkin terbentuk di permukaan telur Anda, tetapi dengan mencucinya maka Anda dapat memperburuk keadaan. Karena cangkangnya sangat berpori, Anda dapat mendorong bakteri tersebut kembali ke permukaan telur. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Benarkah Kuning Telur Tak Baik untuk Kesehatan?)
 
Tetapi pada kenyataannya, telur yang dipasarkan kemungkinan sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya terutama telur-telur yang sudah dimasukkan ke dalam kemasan.
 
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), terdapat peraturan yang memang mengharuskan bahwa semua telur yang akan dipasarkan harus dibersihkan terlebih dahulu. 
 
"Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, biasanya akan menyebabkan pori-pori yang terdapat pada cangkangnya terbuka dan pori-pori tersebut dapat mendorong bakteri yang terdapat dalam air masuk ke dalam telur," ujar Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan holistik dan penulis buku "The Mood Book."
 
Ia mengatakan masuknya bakteri yang terdapat pada air ke dalam telur sangat mungkin terjadi jika Anda mencuci telur dengan air keran atau air yang mengalir. 
 
Mercree mengatakan bahwa memang ada potensi bakteri yang mungkin terbentuk di permukaan telur Anda, tetapi dengan mencucinya maka Anda dapat memperburuk keadaan. "Karena cangkangnya sangat berpori, Anda dapat mendorong bakteri tersebut kembali ke permukaan telur," katanya. 
 
Dan itu menimbulkan risiko yang jauh lebih besar untuk mencemari bagian telur yang akan Anda makan.
 
Mercree juga mengatakan bahwa telur-telur segar pertanian memang biasanya belum mengalami proses pencucian komersial yang ketat, yang memang memiliki potensi lebih besar untuk bersentuhan dengan kotoran dan ia tetap menyarankan untuk tidak mencucinya. 
 
Namun jika Anda tetap ingin mencucinya, Mercree mengatakan bahwa jika Anda benar-benar mencucinya pastikan Anda menggunakan air hangat dan menghindari penggunaan sabun.
 
Tetapi, ketika menyangkut telur yang dijual secara di supermarket sebaiknya jangan dicuci untuk menghemat waktu.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif