Apakah Pria Lebih Pintar dari Wanita?
Pria memiliki ukuran otak yang lebih besar dari wanita, namun itu bukan berarti bahwa pria lebih pintar dari wanita. (Foto: Lucas Lenzi/Unsplash.com)
Jakarta: Pria memiliki ukuran otak yang lebih besar dari wanita, namun itu bukan berarti bahwa pria lebih pintar dari wanita. Otak pria dan wanita tidak memiliki perbedaan secara neurologis, membantah mitos yang menyebutkan bahwa pria selalu lebih pintar dari wanita.

Menurut Lise Eliot, seorang profesor dari Chicago Medical School, perbedaan jenis kelamin tidak memengaruhi fungsi otak dan sifat seseorang tergantung dari pengasuhan, bukan dari alam. 

"Orang-orang mengatakan pria berasal dari Mars dan wanita berasal dari Venus, tetapi otak adalah organ tubuh yang bersifat unisex. Baik perempuan ataupun wanita memiliki struktur otak yang persis sama," katanya.


(Baca juga: Makanan Terburuk untuk Kesehatan Otak Anda)


(Menurut Lise Eliot, seorang profesor dari Chicago Medical School, perbedaan jenis kelamin tidak memengaruhi fungsi otak dan sifat seseorang tergantung dari pengasuhan, bukan dari alam. Foto: Matheus Ferrero/Unsplash.com)

Larry Cahill, seorang neurobiologi dan perilaku di University of California, mengatakan bahwa beberapa bagian tertentu di otak memiliki ukuran yang berbeda dan menyebabkan perbedaan pada perilaku. 

Hippocampus pada wanita, bagian yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan memori, lebih besar dari pria tetapi seorang pria memiliki amigdala yang lebih besar dari wanita, bagian otak yang berperan dalam emosi seseorang. Itulah mengapa wanita dianggap memiliki memori emosional yang lebih kuat dan kaya dibandingkan para pria.

Oleh karena itu, perbedaan yang menyebutkan bahwa pria selalu lebih pintar dari wanita mungkin tidaklah sepenuhnya benar. Perbedaan voume otak antara pria dan wanita membuat wanita membuat karakteristik secara umum yang dimiliki antara pria dan wanita juga berbeda, sehingga mungkin terkadang perbedaan perilaku tersebut yang selama ini dianggap bahwa pria lebih pintar daripada wanita.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id