Selain Minum Alkohol, 5 Kebiasaan Ini Bikin Anda Lebih Mudah Sakit

Pelangi Karismakristi 14 Februari 2018 18:04 WIB
tips kesehatan
Selain Minum Alkohol, 5 Kebiasaan Ini Bikin Anda Lebih Mudah Sakit
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kesehatan mahal harganya. Ungkapan itu sering kali diucapkan agar memotivasi banyak orang untuk selalu menjaga kesehatan.

Tanpa tubuh yang sehat, kita tidak bisa menikmati hidup dengan baik. Maka dari itu, seseorang disarankan agar memelihara daya tahan tubuhnya supaya terhindar dari sejumlah penyakit berbahaya. Jangan biarkan sistem kekebalan tubuh Anda merosot akibat kebiasaan di bawah ini.

1. Alkohol


Mengonsumsi alkohol berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh, apalagi jika sampai mabuk. Hal ini bisa membahayakan daya tahan tubuh, sebab racun dalam alkohol dapat melemahkan kekebalan tubuh Anda.

2. Terlalu sering bepergian

Kini hobi traveling sedang menjadi tren. Namun, jika Anda terlalu sering bepergian, atau Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda melakukan perjalanan, berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh. Karena Anda akan menyesuaikan dengan lingkungan baru, suhu udara, cuaca dan makanan, yang bisa saja dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

3. Kelebihan berat badan

Seperti diketahui, kelebihan berat badan atau obesitas bisa menjadi penyebab sejumlah kondisi kesehatan, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, jantung dan sebagainya. Selain itu, kelebihan lemak juga merupakan salah satu penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi juga mengatakan bahwa ketidakseimbangan hormonal tercipta dari dalam tubuh, akibat akumulasi lemak berlebih dan bisa membahayakan imun tubuh.

4. Dehidrasi

Bila Anda tak terbiasa minum setidaknya 2 liter sehari, maka tubuh Anda tergolong dehidrasi yang berpotensi menyebabkan sejumlah penyakit. Dehidrasi juga dapat melemahkan kekebalan tubuh sampai tingkat yang signifikan, karena sel darah putih Anda cenderung mengering.

5. Stres kronis

Jika seseorang mengalami stres untuk alasan tertentu, ketahui lah bahwa hormon stres atau kortisol akan meningkat. Bila tingkat kortisol tinggi, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemampuan tubuh melawan penyakit, sehingga membuat kesehatan Anda menurun.

6. Kelebihan penggunaan antibiotik

Antibiotik adalah obat yang diberikan untuk membunuh mikroba berbahaya tertentu, seperti flu, infeksi jamur, infeksi perut dan lainnya. Seiring dengan cara kerja yang membunuh mikroba ini, kelebihan antibiotik juga membahayakan sel darah putih dalam tubuh, sehingga mempengaruhi kesehatan Anda.
 




(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id