Pahami <i>Braxton</i> <i>Hicks</i> Si Kontraksi Palsu
Berikut ini ciri-ciri kontraksi Braxton Hicks untuk mempermudah mengenali jenis kontrasi yang bisa jadi Anda alami. (Foto: Jordan Bauer/Unsplash.com)
Jakarta: Apakah Anda mengetahui tentang Braxton Hicks atau yang dikenal dengan sebutan kontraksi palsu pada kehamilan? Pada umumnya kontraksi palsu ini terjadi di trimester kedua atau trimester ketiga, meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya.

Braxton Hicks biasanya tidak begitu terasa sakit dan mirip dengan kram menstruasi. Kontrasi ini terjadi sewaktu rahim Anda mengencang lalu mengendor lagi dan tidak beraturan.

Menjelang kehamilan Anda, akan terasa sedikit lebih sakit terutama bila janin sedang berubah posisi dengan kepala di bawah.


Melansir dari BabyCenter, dalam beberapa minggu dari tanggal jatuh tempo kelahiran Anda, kemungkinan serviks sudah mulai (matang) atau perlahan-lahan melunak sebagai persiapan persalinan.

Berikut ini ciri-ciri kontraksi Braxton Hicks untuk mempermudah mengenali jenis kontrasi yang bisa jadi Anda alami.


(Braxton Hicks biasanya tidak begitu terasa sakit dan mirip dengan kram menstruasi. Kontrasi ini terjadi sewaktu rahim Anda mengencang lalu mengendor lagi dan tidak beraturan. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

(Baca juga: Bagaimana Rasa Nyata Kontraksi Sebelum Melahirkan?)

1. Tidak merasa nyeri
Kontraksi tidak diiringi rasa nyeri mulai dari bagian atas rahim kemudian turun ke bawah rahim.

2. Frekuensi tidak teratur
Frekuensi kontraksi tidak teratur, kadang muncul lalu hilang dalam tenggang waktu yang berbeda-beda.

3. Merasa mulas
Kontrasi ini rasa mulas terasa stabil, tidak bertambah kuat, atau berkurang dari sebelumnya. Terkadang terasa hingga di lipatan paha.

Kontraksi ini akan berkurang jika Anda berjalan kaki. Dan jangan lupa untuk optimalkan perkembangan janin Anda di dalam kandungan dengan memberinya asupan yang seimbang.


Maria Fransiska





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id