Menyusui Mampu Kurangi Risiko Penyakit Hati Kronis?

Torie Natalova 06 November 2018 08:00 WIB
kesehatan
Menyusui Mampu Kurangi Risiko Penyakit Hati Kronis?
Menyusui dan manfaatnya bagi anak telah dipelajari secara luas selama bertahun-tahun. (Foto: Kevin Liang/Unsplash.com)
Jakarta: Para peneliti di University of California San Diego School of Medicine telah menemukan bahwa ibu yang menyusui bayinya selama enam bulan atau lebih, berisiko lebih rendah mengembangkan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) di usia lanjut.

Menyusui dan manfaatnya bagi anak telah dipelajari secara luas selama bertahun-tahun. Namun, menurut hepatolog Veeral Ajmera, analisis baru ini berkontribusi pada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa menyusui anak juga menawarkan manfaat yang signifikan pada ibu.

Dari hasil studi yang dilakukan pada 844 wanita, mereka yang dalam kelompok menyusui anaknya selama lebih dari enam bulan memiliki risiko NAFLD yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak menyusui, atau yang menyusui kurang dari satu bulan.


NAFLD merupakan penyebab paling umum penyakit hati kronis di Amerika. Biasanya, penyakit ini tidak memiliki gejala hingga stadium lanjut dan menjadi tipe yang paling agresif.

Beberapa faktor genetik dan lingkungan berkontribusi terhadap penyakit ini.

(Baca juga: Tips agar Masa Menyusui Nyaman Bagi Ibu)

Selain itu, masalah kesehatan tertentu seperti obesiitas dan diabetes tipe 2 dapat menjadi faktornya. Penurunan berat badan dan diet yang sehat merupakan standar awal perawatan penyakiti ini.

Karena penyakit ini berhubungan dengan obesitas, diabetes, resistensi insulin dan gaya hidup, tim peneliti menyesuaikan studinya untuk faktor-faktor risiko lain seperti metabolisme sebelum hamil, aktivitas fisik dan asupan makanan. 

Peneliti mengatakan studi lanjutan diperlukan untuk melihat mekanisme yang mendasari bagaimana menyusui mempengaruhi NAFLD dan apakah itu dapat mengurangi keparahan penyakit.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id