Manfaat Memelihara Hewan Bagi Lansia (Foto: gettyimages)
Manfaat Memelihara Hewan Bagi Lansia (Foto: gettyimages)

Manfaat Memelihara Hewan Bagi Lansia

Rona lansia
Dhaifurrakhman Abas • 27 April 2019 20:18

Apakah Anda pernah memiliki hewan peliharaan saat masih kecil? Sebaiknya, Anda terus melakukan hal itu hingga lanjut usia. Pasalnya, memelihara hewan peliharaan memiliki ragam manfaat. Bisa meningkatkan kekuatan fisik hingga menjaga hubungan sosial seseorang.


Jakarta: Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik bagi yang sudah lanjut usia (lansia). Sebab memelihara hewan mampu menurunkan risiko stres.
 
Menurut sebuah penelitian dari University of Michigan di Amerika Serikat, pemilik hewan peliharaan memiliki risiko serangan stres yang lebih kecil ketimbang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Totalnya bisa mencapai Lebih dari tiga perempat peserta penelitian.
 
Sementara itu, pemilik anjing mengatakan hewan peliharaan membantu mereka tetap aktif secara fisik. Hewan peliharaan itu juga membantu mereka terhubung dengan orang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hewan peliharaan sering menjadi sumber kesenangan yang besar,” kata Mary Janevic, peneliti di University of Michigan di Amerika Serikat, dikutip Times of India.
 
Selain itu, lebih dari Janevic mengatakan hewan peliharaan membantu mengatasi gejala fisik atau emosional seseorang. Hal ini berdampak pada turunnya angka sakit.
 
"Hubungan dengan hewan peliharaan cenderung tidak terlalu rumit dibandingkan dengan manusia. Mereka juga memberi orang yang lebih tua rasa dibutuhkan dan dicintai," ujarnya.
 
Dalam penelitian tersebut, tim melibatkan 2.051 orang berusia 50 sampai 80 tahun. Mereka adalah orang-orang yang sangat menyayangi hewan peliharaan.
 
“Bahkan, satu dari enam peserta mengaku lebih mengutamakan kebutuhan hewan peliharaan mereka ketimbang dirinya sendiri,” kata Janevic.
 
Meskipun memelihara hewan memiliki banyak manfaat, namun ini juga mendapat kritik. Cathleen Connel, professor di kampus tersebut, memiliki pandangan lain.
 
Dia bilang hubungan sosial dan aktivitas dengan teman dan keluarga juga merupakan kunci kualitas hidup. Sehingga tanpa hewan peliharaan seharusnya para lansia tidak mengorbankan hubungan dan prioritas penting lainnya dalam kesehatan mental dan fisik.
 
“Akan lebih baik jika para lansia itu turut menemukan cara-cara lainnya tanpa hanya mengandalkan kepemilikan hewan saja,” tandas Cathleen.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif