Lima Hal Pemicu Migrain yang Jarang Diketahui

Torie Natalova 11 Oktober 2018 15:35 WIB
kesehatan
Lima Hal Pemicu Migrain yang Jarang Diketahui
(Foto: Huffington Post)
Jakarta: Migrain bukan sekedar sakit kepala biasa. Sebuah kondisi neurologis yang berdampak pada sistem saraf dengan menyebabkan perubahan sementara pada bahan kimia, saraf, dan pembuluh darah di otak.

Selain stres dan kurang tidur, makanan disebut-sebut dapat memicu migrain. Namun, ada beberapa hal seputar pemicu migrain yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Kekurangan zat besi bisa memicu migrain


Wanita seringkali mengalami migrain saat haid. Banyak yang mengira kekurangan makanan yang mengandung zat besi sebagai pemicunya. Padahal, migrain saat haid umumnya disebabkan oleh kurangnya hormon estrogen.

2. Kafein dapat memicu migrain

Pemicu migrain bervariasi pada setiap individu. Beberapa makanan pemicu migrain yang umumnya dikenal orang yaitu cokelat dan minuman berkafein. Pemicu lain yang kurang dikenal yakni makanan dan minuman yang mengandung tyramine. Ini ditemukan dalam salami, keju biru, dan makanan yang difermentasi.

3. Gluten mempengaruhi migrain

Tidak ada bukti kuat bahwa gluten dapat memicu migrain. Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi asupan lemak dapat mengurangi intensitas, frekuensi dan durasi migrain.

4. Telat makan tidak memicu migrain

Ini tidak sepenuhnya benar. Penelitian menunjukkan bahwa melewatkan waktu makan atau tidak cukup makan, dapat berkontribusi pada serangan migrain.

5. Migrain tidak dipicu oleh rasa haus

Ini tidak benar, karena para ahli mengatakan dehidrasi ringan sebenarnya dapat memicu migrain. Itulah mengapa pentingnya minum air sepanjang waktu agar tubuh tetap terhidrasi baik.






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id