Begini cara mengonsumsi bayam yang lebih sehat. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Begini cara mengonsumsi bayam yang lebih sehat. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Cara Terbaik Mengonsumsi Bayam

Rona kesehatan
Torie Natalova • 03 Januari 2019 12:15
Jakarta: Sayur bayam sudah dikenal memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Sayur berdaun hijau gelap tersebut penuh dengan zat besi, kalsium, magnesium dan serat yang sangat baik untuk tubuh dan perkembangan anak.
 
Banyak orang mengonsumsi bayam dan dimasak dengan direbus atau dikukus bahkan ditumis. Menurut sebuah penelitian baru, ada cara yang tepat untuk mengonsumsi bayam yakni dengan jus atau smoothie.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry fokus pada cara memasak dan menyiapkan makanan untuk memengaruhi tingkat liutein bayam, yaitu antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau gelap yang berfungsi untuk mengurangi peradangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara Terbaik Mengonsumsi Bayam
(Banyak orang mengonsumsi bayam dan dimasak dengan direbus atau dikukus bahkan ditumis. Menurut sebuah penelitian baru, ada cara yang tepat untuk mengonsumsi bayam yakni dengan jus atau smoothie. Foto: Ciara Conti/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Makanan yang Baik Untuk Mencegah Demensia)
 
Penelitian telah mengamati metode persiapan yang sering dilakukan di rumah saat masak bayam dan membandingkan beberapa suhu juga waktu pemanasan.
 
Para peneliti menemukan bahwa mencampurkan bayam dalam smoothie atau jus adalah cara terbaik untuk mendapatkan lutein, sementara memanaskannya adalah cara terburuk.
 
Pasalnya, ketika bayam dipotong-potong kecil, lutein yang dilepaskan dari daun lebih banyak dan lemak meningkatkan kelarutan dalam cairan. Memanaskannya akan menyebabkan lutein menurun. Karenanya, peneliti menyarankan untuk tidak memanaskan bayam dan mulai untuk menambahkannya dalam jus atau smoothie Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif