Mungkin ada faktor lain yang dapat berperan besar pada kenaikan berat badan Anda pada cuaca dingin yaitu banyak makan makanan berlemak. (Foto: Alesia Kazantceva/Unplash.com)
Mungkin ada faktor lain yang dapat berperan besar pada kenaikan berat badan Anda pada cuaca dingin yaitu banyak makan makanan berlemak. (Foto: Alesia Kazantceva/Unplash.com)

Alasan Mengapa Anda Bertambah Berat Badan Ketika Cuaca Dingin

Rona kesehatan
Raka Lestari • 19 Januari 2018 15:22
Jakarta: Menurut sebuah studi baru-baru ini yang dikeluarkan oleh University of Alberta di Kanada, berapa faktor, kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan lebih banyak lemak pada cuaca yang dingin. 
 
Penelitian tersebut menemukan sel lemak yang berada tepat di bawah kulit Anda akan mengecil setelah terkena cahaya biru.
 
"Kami melakukan eksperimen ini, dan kami secara konsisten melihat respons kecil dan terukur pada sel lemak," ujar penulis studi tersebut, Peter Light, Ph.D., direktur Alberta Diabetes Institute. Hal tersebut membuktikan bahwa sel yang terpapar cahaya kurang menyimpan lemak dibanding yang tidak terkena cahaya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alasan Mengapa Anda Bertambah Berat Badan Ketika Cuaca Dingin
(Menurut sebuah studi baru-baru ini yang dikeluarkan oleh University of Alberta di Kanada, berapa faktor, kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan tubuh Anda menyimpan lebih banyak lemak pada cuaca yang dingin. Foto: Joshua K. Jackson/Unsplash,com)
 
Agar sel lemak Anda mengalami efek menyusut ini, Anda memerlukan sumber cahaya biru yang sangat terang. "Matahari adalah satu-satunya yang akan melakukannya," kata Light, karena hanya 1 sampai 5 persen cahaya biru yang bisa menembus kulit Anda. 
 
(Baca juga: Diet untuk Mendukung Resolusi Tubuh Langsing 2018)
 
Sistem yang paling penting dalam tubuh Anda yang merespons cahaya biru ini ditemukan di mata Anda, yang bertanggung jawab untuk mengatur ritme sirkadian Anda. Ini bertindak sebagai jam untuk pola tidur Anda. Dan jalur molekuler yang sama ditemukan di sel lemak Anda.
 
Light percaya bahwa jalur tersebut dapat berfungsi sebagai jam biologis sel lemak Anda yang berpotensi menjelaskan mengapa Anda cenderung bertambah berat di cuaca yang dingin dibandingkan saat cuaca sedang panas. 
 
Alasan Mengapa Anda Bertambah Berat Badan Ketika Cuaca Dingin
(Penelitian tersebut menemukan sel lemak yang berada tepat di bawah kulit Anda akan mengecil setelah terkena cahaya biru. Foto: Anjana Menon/Unsplash.com)
 
"Seiring berubahnya cuaca menjadi lebih dingin dan lebih gelap, kita bisa menyimpan lebih banyak lemak sebagai cadangan makanan, karena nenek moyang kita dahulu sulit untuk menemukan makanan selama musim dingin," kata Light.
 
Namun mungkin ada faktor lain yang dapat berperan besar pada kenaikan berat badan Anda pada cuaca dingin, yaitu: Anda mungkin kurang aktif saat cuaca dingin dan makan makanan yang kurang sehat lebih banyak sehingga menyebabkan penambahan berat badan Anda. 
 

 

 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif