Cobalah saran ini jika milia merupakan masalah yang berulang bagi Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Cobalah saran ini jika milia merupakan masalah yang berulang bagi Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Cara Mencegah Munculnya Milia

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 12 Juni 2019 17:29
Kulit di sekitar mata adalah area yang sangat sensitif. Salah satu yang bisa terjadi adalah milia, benjolan kecil berukuran satu sampai dua milimeter dan berwarna putih menyerupai warna mutiara atau putih kekuningan. Milia sebenarnya merupakan kista berisi keratin.
 

 
Jakarta: Sering dikira whiteheads (komedo putih), milia sebenarnya merupakan kista berisi keratin yang terbentuk, tampak seperti benjolan putih di permukaan kulit. Milia bisa datang dan pergi dengan sendirinya. Tetapi, ada cara untuk mencegah munculnya milia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti biasa dengan perawatan kulit, pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Tidak ada jarum yang terlibat jadi cobalah saran ini jika milia merupakan masalah yang berulang bagi Anda.

1. Pilih tabir surya yang terang

Anda harus sudah memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit wajah Anda dari sinar ultraviolet. Manfaat tambahan dari tabir surya yang tepat dapat mengurangi iritasi kulit yang menyebabkan benjolan milia.
 
Cari tabir surya yang dirancang khusus untuk digunakan pada wajah. Pastikan yang memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih tinggi. Jika Anda sangat ingin menjaga, pertimbangkan untuk menggunakan produk tabir surya dengan SPF 50.
 
Tabir surya yang paling ramah untuk kulit akan memiliki minyak mineral sebagai dasarnya dibandingkan dengan minyak lain yang dapat menyumbat kulit. Baca bahan-bahan tabir surya dengan hati-hati untuk memastikan tidak mengandung apa pun yang menimbulkan alergi bagi kulit Anda.
 
Cara Mencegah Munculnya Milia
(Sering dikira whiteheads (komedo putih), milia sebenarnya merupakan kista berisi keratin yang terbentuk, tampak seperti benjolan putih di permukaan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

2. Memilih perawatan mata yang benar

Kulit di bawah mata bisa rentan terhadap pembengkakan jika cairan menumpuk di sana. Terutama, dengan intervensi estetika yang membatasi pergerakan otot dan sirkulasi getah bening, ditambah dengan konsumsi produk tertentu yang bisa menyumbat kulit dalam sirkulasi darah terbatas.
 
Oleh sebab itu, dokter mengatakan sangat penting untuk menggunakan krim mata khusus dan memastikan meresap ke kulit secara efektif. Anda bisa membeli krim khusus dengan merek apapun yang terpercaya baik untuk mata atau sesuai anjuran dokter.
 
Bisa juga menggunakan alat pijat atau terapi khusus untuk mata yang berfungsi untuk menghaluskan dan mengencangkan area sekitar mata. Salah satunya, terapi-termo untuk membuka pori-pori serta merangsang sirkulasi darah dan getaran sonik untuk mendorong penyerapan perawatan kulit Anda.

3. Pilihan gaya hidup

Pilihan gaya hidup menjadi poin yang tak kalah penting. Pertimbangkan untuk mengadopsi perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah munculnya milia.
 
Misalnya, membatasi asupan makanan kaya kolesterol, daging, telur, dan bahan lainnya. Kemudian, memasukkan suplementasi vitamin D, menghindari perawatan kulit berbasis minyak yang berat atau produk kecantikan, juga membatasi paparan sinar matahari.

4. Pembersihan menyeluruh

Melepaskan make up Anda dengan bersih sebelum tidur sangatlah penting. Jika Anda belum melakukannya, cobalah pembersihan ganda di malam hari, terutama jika Anda mengenakan make up tebal dan atau beraktivitas di area yang polusinya tercemar.
 
Pembersihan pertama untuk menghilangkan make up yang telah Anda gunakan. Gunakan pembersih yang mengandung minyak untuk melelehkan bahan make up di wajah.
 
Kedua, pembersihan untuk menghilangkan make up lebih lanjut. Pada tahap ini, lakukan sedikit pijatan di wajah Anda untuk merawat kulit dan meregangkan otot pada bagian wajah.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif