Ketika Anda berhenti minum soda, tubuh akan mengalami perubahan positif. (Foto: Rodolfo Clix/Pexels)
Ketika Anda berhenti minum soda, tubuh akan mengalami perubahan positif. (Foto: Rodolfo Clix/Pexels)

Yang Dialami Tubuh ketika Berhenti Minum Soda

Rona kesehatan
Raka Lestari • 25 November 2019 15:17
Jakarta: Minuman bersoda paling banyak dijumpai dan salah satu asupan favorit. Dengan rasa yang menyegarkan dan tampilan menarik, tak jarang minuman bersoda hadir di pesta atau acara apa pun.
 
Sayangnya, kandungan gula dalam minuman bersoda dianggap tiak baik buat kesehatan. Sehingga dianjurkan untuk mengganti minuman tersebut dengan pilihan yang lebih sehat dan tepat.
 
Pilihan minuman lain yang sehat biasanya teh atau air putih. Tapi pada awalnya, lidah agak tidak nyaman untuk menerimanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ketika otak Anda tidak mendapatkan rasa manis dalam makanan atau minuman, otak akan merasa kehilangan sesuatu. Sehingga Anda akan menjadi lebih mudah tersinggung dan mengalami sakit kepala dan benar-benar merasa ingin minum soda,” ujar Dr Mike Dow, seorang psikoterapis, pakar nutrisi, kepada Bustle.
 
Yang Dialami Tubuh ketika Berhenti Minum Soda
 
Selain itu, berhenti minum soda juga mungkin berkaitan dengan kebiasaan Anda minum soda. Anda mungkin menginginkan sensasi yang terdapat pada minuman bersoda, terutama ketika makan karena ada koneksi psikologis dari keduanya.
 
”Anda akan mengalami sesuatu yang kurang ketika minum air putih biasa, jika Anda terbiasa minum soda," terang ,” Lisa Richards, ahli gizi bersertifikat.
 
Namun untungnya perasaan ingin mengonsumsi minuman bersoda tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Menurut Dr Dow, ketika Anda mengonsumsi soda secara rutin maka indra perasa Anda akan selalu memilih makanan manis.
 
Sebaliknya, ketika Anda berhenti minum soda, otak Anda akan menyesuaikan diri. Sehingga Anda tidak akan menginginkan soda dan merasa baik-baik saja ketika minum air putih.
 
Ketika Anda berhenti minum soda, tubuh akan mengalami perubahan positif. Anda akan merasa lebih tenang.
 
“Bahkan satu kaleng soda pada pukul 3 malam bisa berdampak negatif pada tubuh Anda dan bisa menimbulkan kecemasan," kata Dr Dow.
 
Efek lainnya ketika Anda berhenti minum soda adalah sistem pencernaan Anda akan lebih baik. Anda akan buang air besar lebih lancar dan tidak akan merasa perut kembung lagi.
 
“Gerakan peristalsis dan seluruh sistem pencernaan bekerja lebih baik dengan air putih dan makanan utuh lainnya dan serat,” jelas Dr Dow.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif