Cara Mengetes Kulit Cukup Terhidrasi
Penyakit juga dapat menyebabkan turgur lebih lambat. Jadi jika Anda baru saja mengalami diare atau muntah, Anda akan mengalami kehilangan cairan. (Foto: Parker Johnson/Unsplash.com)
Jakarta: Kulit adalah salah satu bagian terpenting pada tubuh. Untuk itu kita perlu memastikan tubuh kita menyesuaikan diri dengan iklim yang lebih hangat. Dan salah satunya adalah dengan meminum banyak air. 

National Health Service (NHS) di Inggris merekomendasikan minum setidaknya enam hingga delapan gelas cairan per hari, tetapi banyak orang minum lebih sedikit.

Anda mungkin tidak yakin berapa banyak air yang Anda minum karena umumnya orang-orang tidak benar-benar menghitung secara tepat berapa banyak air putih yang dikonsumsi setiap harinya. Untungnya, ada cara mudah untuk mengetahui apakah kulit Anda sudah cukup terhidrasi atau belum.


Skin turgor adalah elastisitas pada kulit. Ini adalah kemampuan kulit untuk berubah bentuk dan kembali normal. Jadi untuk mengetahui apakah tubuh Anda sudah terhidrasi dengan baik, Anda harus mencubit bagian punggung tangan Anda menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Tahan selama beberapa detik dan kemudian lepaskan.


(Skin turgor adalah elastisitas pada kulit. Ini adalah kemampuan kulit untuk berubah bentuk dan kembali normal. Foto: Milada Vigerova/Unsplash.com)

(Baca juga: Ketahui Pentingnya Hidrasi Saat Berolahraga)

Jika kulit Anda terhidrasi dengan benar, kulit Anda akan kembali ke keadaan normal dengan segera. Mereka yang tidak minum cukup mungkin memiliki sedikit turgor yang berarti dibutuhkan waktu lebih lama bagi kulit untuk kembali ke dalam keadaan normal. Jika kulit Anda membutuhkan waktu (lebih dari beberapa detik), itu berarti Anda perlu minum lebih banyak air.

Penyakit juga dapat menyebabkan turgur lebih lambat. Jadi jika Anda baru saja mengalami diare atau muntah, Anda akan mengalami kehilangan cairan. 

Bayi dan anak kecil dengan kondisi ini dapat dengan cepat kehilangan banyak cairan jika mereka tidak mengonsumsi cukup air. Ada cara lain untuk mengetahuinya, seperti warna urin Anda.

Jika bening dan tidak berbau maka asupan air Anda sudah cukup. Tetapi jika urin Anda berwarna kuning gelap, atau memiliki bau yang kuat, Anda mungkin ingin kekurangan sejumlah cairan.






(TIN)