Cara Sederhana Ini Kembalikan Konsentrasi Anda Lagi
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat membuat seseorang kesulitan konsentrasi dan memengaruhi kemampuan mental. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)
Jakarta: Di sela-sela jadwal padat dan pekerjaan menumpuk, distraksi dari ponsel tetap saja menggoda. Tak jarang, tugas-tugas akhirnya jadi terbengkalai.

Beberapa cara sederhana dapat mengembalikan konsentrasi yang sempat menghilang karena gangguan telepon Anda tadi. Berikut ini caranya.

1. Minum banyak air
Saat tertekan, performa akan ikut terpengaruh. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat membuat seseorang kesulitan konsentrasi dan memengaruhi kemampuan mental. Oleh karena itu, pastikan tubuh terhidarasi sepanjang hari.
 
(Baca juga: Kebiasaan Main Gadget di Ruang Gelap Pengaruhi Kesehatan Reproduksi)


2. Pasang suhu AC dengan tepat
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Building and Environment menyebutkan bahwa produktivitas akan terganggu bila suhu ruangan terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang lebih dingin dapat menimbulkan tekanan mental, sementara suhu yang lebih hangat dapat membuat kepanasan sehingga pekerjaan menjadi tak efisien.


(Tempat kerja yang berantakan dapat menjadi distraksi. Luangkan sedikit waktu Anda untuk merapikan barang-barang di meja kerja secara rutin untuk mengurangi gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Foto: Radek Grzybowski/Unsplash.com)

3. Gunakan program komputer untuk menunjang pekerjaan
Jika Anda mengetik dalam program Microsoft Word, klik ikon di sudut kiri bawah layar yang bertuliskan 'Focus View' agar tak terdistraksi dengan ikon lain seperti ikon media sosial atau permainan yang ada di layar komputer.

4. Rapikan meja kerja
Tempat kerja yang berantakan dapat menjadi distraksi. Luangkan sedikit waktu Anda untuk merapikan barang-barang di meja kerja secara rutin untuk mengurangi gangguan kecil tersebut.

5. Batasi Waktu
Buatlah patokan waktu kapan pekerjaan akan diselesaikan. Dengan demikian, ketika Anda tahu batasan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, maka secara otomatis Anda akan fokus untuk menyelesaikannya.







(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id