Bahaya Menggosok Mata Terlalu Keras
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Ketika lelah, mengantuk atau gatal, secara tak sadar Anda mungkin akan langsung menggosok mata dengan tangan. Kebiasaan ini, meski membuat mata terasa lebih baik, ternyata bukanlah hal yang baik. 

Menggosok dapat merangsang produksi air mata yang dapat membantu melembapkan mata kering atau lelah, dan menghilangkan partikel yang mengganggu. Ini juga dapat memulai refleks oculocardiac, di mana tekanan pada bola mata menyebabkan perlambatan denyut jantung dan mengarah ke perasaan pengurangan stres.

Itulah mengapa Anda cenderung merasa lebih baik segera setelah menggosok mata. 


Namun, menggosok terlalu keras dan sering dapat merusak mata Anda dan struktur di sekitarnya. Jika ada debu, bulu mata atau partikel asing di permukaan mata Anda,  dapat menyebabkan goresan pada kornea. 

Kornea yang tergores bisa terasa menyakitkan, rasanya seperti ada sesuatu yang menempel di mata yang tidak dapat keluar. Seringkali membuat mata berair, merah, dan peka terhadap cahaya.

Menggosok mata terlalu keras dapat mematahkan pembuluh darah di bagian putih mata Anda, membuatnya terlihat merah. Kulit di sekitar mata juga akan lebih gelap.

Pada tahap yang lebih dalam, pasien yang secara genetis atau yang memiliki predisposisi, menggosok mata gatal yang berlebihan dapat menyebabkan penipisan dan perubahan bentuk kornea yang progresif atau dikenal sebagai keratoconus.

Keratoconus dapat secara signifikan mengurangi penglihatan. Jika itu terjadi, Anda mungkin perlu pembedahan untuk memperbaikinya. Karenanya, hindari menggosok mata terlalu keras terlebih jika Anda memakai lensa kontak atau telah menjalani operasi lasik. 

Orang yang telah menjalani operasi lasik berisiko lebih tinggi terkena infeksi dari menggosok mata karena prosedur lasik yang membuat flap di lapisan luar kornea dapat tergores dan menyebabkan komplikasi hingga cedera kornea.

Apabila mata gatal atau lelah, cobalah tetesi obat mata. Mengurangi stres dengan teknis pernapasan untuk menenangkan diri, bukan menggosok-gosok mata.

Lihat video:






(DEV)