Mengapa Bertambahnya Usia Bikin Kulit Kusam?
(Foto: Now Loss)
Jakarta: Seiring dengan bertambahnya waktu, kulit akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

"Pada kulit orang tua, sel kulit akan lebih tebal dan sel kulit hidup lebih tipis. Akibatnya, kulit mati menumpuk dan tidak terbuang, membuat kulit jadi kusam," ujar ahli kulit dari RS Pondok Indah Puri, dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK dalam temu media, Kamis, 13 September 2018. 

Ia menjelaskan bahwa lapisan kedua kulit, yang bernama epidemis, pada orang tua cenderung lebih rentan patah dan tipis. Inilah mengapa perbedaan kulit muda dan tua sangat kentara. 


Perubahan itu sendiri bisa terjadi karena dua alasan, yaitu intrisik dan ekstrisik. Intrisik bersifat dari dalam, yang tak bisa dihindari. 

Pertambahan usia adalah faktor utama dimana menyebabkan metabolisme melambat, kulit mengering, produksi kolagen berkurang, dan sel lemak mengempes atau bertambah di bagian tertentu.

Sementara, faktor ekstrisik cenderung berasal dari luar dan umumnya didominasi oleh sinar UV. Selain itu, rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang juga berpengaruh dalam penuaan kulit yang lebih dini. 





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id