Pori-pori hanyalah salah satu dari hal-hal fisik kecil yang mengganggu banyak individu, baik pria maupun wanita. (Foto Ilustrasi: Shutterstock)
Pori-pori hanyalah salah satu dari hal-hal fisik kecil yang mengganggu banyak individu, baik pria maupun wanita. (Foto Ilustrasi: Shutterstock)

5 Kebiasaan yang Dapat Menyumbat Pori-pori

Rona kesehatan
Raka Lestari • 08 Januari 2019 08:58
Jakarta: Setiap manusia pasti memiliki pori-pori dan terkadang bisa menjadi hal yang paling mengganggu. Tak hanya itu, kebiasaan tertentu juga membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar. Semua itu bisa menyebabkan masalah kulit.

"Pori-pori hanyalah salah satu dari hal-hal fisik kecil yang mengganggu banyak individu, baik pria maupun wanita," kata Joel Schlessinger, M.D., dokter kulit bersertifikat dan penasihat RealSelf.

Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyumbat pori-pori:
1. Memencet Pori-pori dan Jerawat
Untuk memiliki jerawat yang lebih sedikit dan pori-pori yang lebih kecil, usahakan untuk tidak memencetnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Ketika Anda memencet dan meregangkan kulit, hal itu dapat menyebabkan pembentukan garis-garis halus, peradangan, dan iritasi, yang semuanya memengaruhi ukuran pori dari waktu ke waktu," kata Schlessinger. "Gerakan dan tekanan yang keras membuat perpindahan minyak, bakteri, dan kotoran lainnya dari tangan Anda lebih berisiko, yang dapat menyebabkan penyumbatan," lanjutnya.

2. Sering Menyentuh Wajah
Menyentuh wajah Anda setelah melakukan aktivitas fisik yang menggunakan tangan dapat menyebabkan minyak, bakteri, virus, alergen, dan kotoran lainnya berpindah ke kulit Anda dan menyumbat pori-pori.

Cobalah untuk menjauhkan tangan Anda dari wajah dan jika Anda merasa kesulitan, mintalah keluarga, teman, dan rekan kerja untuk memberi tahu Anda setiap kali Anda menyentuh wajah sehingga Anda lebih sadar ketika melakukannya.

3. Lupa Membersihkan Make up sebelum Tidur
Membersihkan riasan wajah Anda adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Sebab jika Anda tidak melakukan hal itu, membuat rias wajah, minyak, dan polutan lingkungan yang berkumpul di kulit Anda sepanjang hari mengendap ke pori-pori Anda saat Anda tidur

"Bukan hanya menyebabkan berjerawat dan mempercepat proses penuaan, tetapi juga berkontribusi pada pori-pori yang membesar," terang Schlessinger.

4. Menggunakan Jenis Make up yang Salah
"Saya selalu merekomendasikan make up mineral, terutama untuk pasien jerawat saya, karena dapat diterapkan pada kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, dan psoriasis tanpa menyebabkan iritasi atau efek samping yang berbahaya," kata Schlessinger.

Jenis make up yang bersifat komedogenik (memblokir pori-pori) akan menyumbat kulit Anda.

5. Tidak Menggunakan Krim Pengecil Pori atau Retinol
Produk perawatan kulit yang dapat mengecilkan pori-pori memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan yang Anda kira.

"Mereka mengandung bahan-bahan yang meningkatkan produksi glikcoaminoglikan kulit, yang membantu mengencangkan kulit di sekitar pori-pori, dan membuat pori-pori terlihat lebih kecil," kata Engelman.

Tips Atasi Kulit Kering



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi