Manakah yang Lebih Baik, Greek Yogurt atau Yogurt Biasa?

Raka Lestari 29 Oktober 2018 09:00 WIB
kesehatan
Manakah yang Lebih Baik, Greek Yogurt atau Yogurt Biasa?
Yogurt juga mengandung "bakteri baik" yang mendukung usus dan sistem kekebalan tubuh Anda. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Jakarta: Yogurt dianggap sebagai salah satu superfood yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Namun sebenarnya tidak semua yogurt bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, sehingga Anda perlu memerhatikan kandungan yogurt yang Anda konsumsi tersebut. 

"Mengingat itu dikemas dengan probiotik, kalsium, kalium, dan protein, yogurt adalah salah satu makanan sehat yang dapat Anda makan," kata Karen Ansel, ahli diet dan nutrisi. 


Salah satu jenis yogurt yang populer akhir-akhir ini adalah Greek Yogurt, yang sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dengan yogurt biasa. 

Menurut Ansel, Greek Yogurt memiliki kandungan protein yang lebih banyak daripada yogurt biasa, yaitu sekitar 23 gram sedangkan yogurt biasa sekitar 12 gram. 

Greek Yogurt juga umumnya lebih rendah dalam karbohidrat dan gula, jadi itu bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi Anda jika Anda melakukan diet rendah karbohidrat.

(Baca juga: Apakah Yogurt Baik untuk Anda?)


(Menurut Ansel, Greek Yogurt memiliki kandungan protein yang lebih banyak daripada yogurt biasa, yaitu sekitar 23 gram sedangkan yogurt biasa sekitar 12 gram. Foto: Wesual Click/Unsplash.com)

Namun, yogurt yang memiliki perasa tambahan, baik itu yogurt biasa ataupun Greek Yogurt sering mengandung tambahan gula dan pemanis yang akan meningkatkan kandungan gula dan karbohidrat di dalamnya, menurut Women's Health. 

Namun, Greek Yogurt bukannya tidak memiliki kelemahan. Greek Yogurt biasanya dalam proses pembuatannya, yang menghasilkan tekstur yang unik yaitu tekstur kental pada Greek Yogurt menyebabkan yogurt jenis ini kehilangan kandungan kalsiumnya, menurut Harvard School of Public Health. 

Kedua jenis yogurt ini memiliki semua manfaat kesehatan yang sama satu dan lainnya, sehingga Ansel menyarankan memilih mana yang paling Anda sukai untuk dikonsumsi. 

Anda bisa mendapatkan lebih banyak dari secangkir yogurt daripada hanya kalsium dan protein. Yogurt juga mengandung "bakteri baik" yang mendukung usus dan sistem kekebalan tubuh Anda. 

"Probiotik dianggap dapat memiliki banyak manfaat, mulai dari memperbaiki pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi terhadap depresi," kata Ansel.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id