Makanan yang Dapat Membantu Anda Cepat Tertidur (Foto: istocksy)
Makanan yang Dapat Membantu Anda Cepat Tertidur (Foto: istocksy)

Makanan yang Dapat Membantu Anda Cepat Tertidur

Rona makanan sehat tidur
Raka Lestari • 25 Mei 2019 18:13
Jakarta: Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci penting untuk kelancaran aktivitas Anda sehari-hari. Untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, tubuh memerlukan hormon melatonin. Hormon melatonjn dapat membantu Anda untuk cepat tidur dan merelaksasi sekaligus menenangkan tubuh sebelum Anda tertidur.
 
Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi hormon melatonin yang dapat membuat Anda tidur lebih cepat:
 
1. Ayam

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rachel Fine MS, RD, CSSD, CDN, ayam merupakan sumber protein yang mengandung asam amino yang disebut tryptophan. "Ayam membantu tubuh Anda menghasilkan serotonin yaitu hormon yang membuat Anda rileks yang dapat membuat tubuh menghasilkan melatonin yang dapat mengatur siklus tidur."
 
2. Selai kacang
 
Haley Hughes MS, RD, CDE, CF-L1 mengatakan kepada Elite Daily bahwa selai kacang merupakan sumber magnesium, yang dapat membantu mengatur hormon melatonin. Jika Anda tidak menyukai selai kacang, Hughes mengatakan bahwa Anda tetap bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi kacaang mede, almond, atau Brazil.
 
3. Ceri
 
Jika Anda merasa kesulitan untuk tertidur, cobalah ambil buah ceri sebagai camilan sebelum tidur. Menurur Tamryn Burgess, nutrisionis dan wellnes expert dari Skin Care Ox mengatakan bahwa bua ceri atau buah-buahan manis dapat membantu Anda lebih tenang. Burgess merekomendasikan untuk membuat smoothie buah ceri jika Anda merasa kesulitan tertidur.
 
4. Coklat hitam
 
Coklat hitam atau dark chocolate kaya akan kandungan magnesium. Hughes menjelaskan bahwa magnesium tidak hanya menenangkan saraf-saraf dalam tubuh namun juga membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Selain itu, magnesium dalam coklat hitam juga dapat meningkatkan kandungan melatonin dalam tubuh.
 
5. Oats
 
Oats memang dianggap sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. "Oats merupakan sumber alami dari melatonin," ujar Vanessa Rissetto, seorang nutrisionis. "Jika Anda membutuhkan camilan sebelum tidur, semangkuk oats bisa dijadikan pilihan." Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan asupan melatonin yang maksimal, tambahkan oats dengan coklat hitam.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif