Ada manfaat dari mendengarkan bagi tubuh dan otak Anda. Simak penjelasannya dari Psikolog Efnie Indrianie. (Foto: Pexels.com)
Ada manfaat dari mendengarkan bagi tubuh dan otak Anda. Simak penjelasannya dari Psikolog Efnie Indrianie. (Foto: Pexels.com)

Ketahui Manfaat 'Mendengarkan' bagi Tubuh dan Otak

Rona psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 20 September 2020 07:00
Jakarta: Mendengarkan merupakan sesuatu yang dapat dilakukan oleh semua orang, akan tetapi tidak semua orang mengetahui manfaatnya.
 
Seperti dalam akun resmi Instagram Menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi @efni_qo, mendengarkan itu sama dengan senam otak. Saat mendengar, Anda mengaktifkan fungsi beberapa bagian cerebrum otak.
 
Ketika Anda mendengarkan orang yang Anda kasihi, maka tubuh Anda akan memproduksi neurochemicals dopamine dan serotonin. Ini bermanfaat untuk mengatasi stres, mencegah depresi dan menimbulkan perasaan damai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, saat mendengarkan orang lain dan berempati, maka tubuh Anda akan memproduksi neurochemical oxytocin. Neurochemical oxytocin bermanfaat untuk mencegah kecemasan, depresi, gangguan yang berkaitan dengan pencernaan, dan membuat kulit lebih sehat.
 
Melansir dari Ornish, penelitian juga telah menemukan bahwa mereka yang mengalami kesulitan mendengarkan, terutama orang-orang yang berulang kali mengganggu percakapan, tujuh kali lebih mungkin untuk mengalami penyakit jantung.
 
Namun, ketika peneliti meminta subjek tes untuk fokus, diam dan memperhatikan orang yang berbicara, subjek ini menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stresnya. Jadi, mendengarkan mampu membuat tubuh dan otak Anda awet muda lho!
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif