Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Mengatasi Stress Eating di Tengah Pandemi Covid-19

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 01 April 2020 06:00
Jakarta: Stress eating merupakan gangguan makan yang biasanya terjadi pada saat seseorang mengalami stres. Dan, di tengah pandemi covid-19 ini, banyak orang merasa stres sehingga berpengaruh juga pada pola makan seseorang.
 
Beberapa orang mungkin makan berlebihan di situasi yang membuat stres, tetapi beberapa orang lainnya mungkin kehilangan nafsu makan ketika mereka mengalami stres. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur stress eating yang mungkin Anda alami:

-Kontrol pemicu stres

“Pertama dan yang utama, jika Anda merasa ingin makan berlebih ketika stres penting sekali untuk mengatur apa saja yang bisa membuat Anda stres dan mencari tahu cara mengatasinya,” ujar Martha McKittrick RD, seorang ahli diet terdaftar di New York.
 
Entah itu dengan menonton berita atau berbicara dengan teman dan keluarga, penting sekali untuk meminimalkan pemicu stres.

-Tidak perlu membatasi makanan kesukaan

Makanan tidak hanya sebatas nutrisi, tetapi juga sumber kesenangan Anda. Berhenti makan makanan kesukaan Anda merupakan kegiatan menyenangkan yang sebaiknya tidak dihindari saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Entah itu keju atau cokelat atau keripik kentang, tidak perlu membuang makanan kesukaan Anda,” ujar Carolyn O'Neil, seorang ahli diet terdaftar.
 
Bonnie Taub-Dix, pencipta BetterThanDieting.com juga menambahkan bahwa penting untuk membangun hubungan yang sehat dengan makanan favorit Anda. Sehingga Anda dapat terhindar dari lingkaran setan antara stress eating dan kenaikan berat badan.

-Jangan lupakan camilan

Salah satu cara terbaik untuk menikmati camilan favorit Anda sambil menghindari makan yang tidak terkendali adalah dengan menyantap camilan yang sudah diatur porsinya.
 
Taub-Dix menyarankan untuk memasukkan makanan ringan seperti pretzel dan keripik ke dalam kantong plastik atau wadah kecil. Sehingga Anda terhindar dari mengonsumsi camilan secara berlebihan.

-Menikmati waktu istirahat

Minum teh bisa menjadi cara untuk mencegah pikiran makan berlebihan yang disebabkan oleh stres.
 
“Minum teh herbal dengan sedikit madu, bisa menekan nafsu makan berlebihan atau keinginan mengonsumsi camilan,” ujar Taub-Dix.
 
Satu cangkir coklat panas juga bisa membantu Anda untuk siap dengan makanan. Sehingga tidak makan berlebihan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif