Tenangkan diri Anda dalam suasana wabah seperti saat ini. Situasi ini pasti akan berlalu. Atur pernapasan, ambil sendiri untuk fokus, dan jangan lupa berdoa dalam kepercayaan masing-masing. (Foto: Pexels.com)
Tenangkan diri Anda dalam suasana wabah seperti saat ini. Situasi ini pasti akan berlalu. Atur pernapasan, ambil sendiri untuk fokus, dan jangan lupa berdoa dalam kepercayaan masing-masing. (Foto: Pexels.com)

Gapai Ketenangan dalam Suasana Wabah Virus Korona

Rona Virus Korona psikologi virus corona covid-19
Yatin Suleha • 31 Maret 2020 18:03
Jakarta: Dalam suasana yang berbeda memang bisa membuat orang menjadi tak nyaman. Para pekerja informal mengeluh karena penghasilan hariannya menurun akibat wabah virus korona atau covid-19. 
 
Pekerja kantoran juga harus membiasakan diri dengan situasi bekerja dari rumah alias work from home. Belum lagi jika di rumah anak-anak dan suami sama-sama stay at home sambil belajar dari rumah.
 
Di saat seperti ini, seliweran pula beragam informasi. Menurut psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi. dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung memaparkan banyaknya informasi yang membahayakan tentang covid-19 membuat sistem amigdala otak menerjemahkan itu sebagai sesuatu yang menakutkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika pun membaca informasi tentang covid-19, carilah informasi yang menenangkan dan bersifat positif," pesan Efnie. 
 
Menurut psikolog yang ramah ini, hindari langsung membaca informasi apapun tentang covid-19, terutama terkadang yang beredar di group whatsapp media sosial lainnya.
 
Yang tak kalah lagi, luangkan waktu untuk melakukan relaksasi pernapasan. "Kendalikan napas Anda melalui teknik 'mindfulness'," ucap Efnie.
 
"Ciptakan situasi yang damai di rumah dengan meminimalisir pertengkaran di antara anggota keluarga atau orang-orang terdekat kita. Karena situasi yang damai di rumah akan menciptakan ketenangan secara psikologis."
 
"Dan jangan lupa, luangkan waktu untuk beribadah sesuai keyakinannya masing-masing ya. Karena ini akan menyehatkan bagian limbic system (pusat emosi dan afeksi) serta prefrontal lobe kita (bagian otak yang berperan untuk self management dan wisdom)," pungkas Efnie.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif